Cara Bekerja dengan Cell, Kolom ataupun baris di Microsoft Excel

Saat bekerja dengan microsoft excel hal terpenting yang harus anda ketahui adalah penamaan / penunjukkan cell. Sebab semua fungsi yang anda pakai dalam rumus atau formula yang anda gunakan sebagian besar akan berkaitan dengan cell yang harus anda pilih sebagai acuan atau referensi. Hal yang harus anda ketahui tentang cell dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

Cell Tunggal

Cell tunggal adalah sebuah sel mandiri yang bisa anda ganti nilainya. Sebagai contoh B3, A5 AC5. Cell B3. Berarti maksudnya adalah cell pada kolom B di baris 3. Untuk kolom menggunakan huruf dan bisa terdiri lebih dari satu huruf, sedangkan untuk baris menggunakan angka.

Blok Cell atau range cell

Ada berbagai jenis blok sel yang bisa anda temukan di Microsoft Word.
  • Range Area. menandakan kumpulan cell atau blok cell dengan area. Contoh B3:D8, berarti area mulai dari cell B3 pada kiri atas hingga D8 pada kanan bawah.
  • Range Columns. Menandakan kumpulan cell pada sebuah kolom/column. Contoh B:B, berarti semua cell yang ada pada kolom B.
  • Range Rows. Menandakan kumpulan cell pada sebuah row/baris. Contoh : 5:5, berarti semua cell yang ada pada baris 5.
  • Tanda dollar ($). Tanda dollar diberikan diawal huruf kolom atau di awal angka baris. Tanda dollar menandakan bahwa huruf atau baris tidak akan berubah saat copy paste rumus cell. Sebagai contoh $B3, menandakan jika cell tersebut di copy+paste maka kolom B akan selalu tetap sedangkan baris ketiga bisa “menyesuaikan” mengikuti tempat cell tersebut di paste.


Untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya anda praktekan langsung di Microsoft Excel.