Cara Cepat Membuat Pangkat di Microsoft Word

Oleh
Pangkat sangat penting artinya. Aplikasi penulisan pangkat ada pada berbagai macam sektor kehidupan, mulai dari keseharian sampai ke bidang pendidikan. Misalkan untuk menuliskan luas tanah atau wilayah dalam meter persegi (m2) atau kilometer persegi (km2), kubik (m3), untuk menulis rumus fungsi kwadrat y = ax2 + bx + c, dan masih banyak lagi. Jika cuma bentuk pangkat sederhana, anda dapat menulisnya secara langsung, tanpa perlu bantuan equation editor. Bukannya mau meremahkan equation editor, tapi ini sebenarnya masalah kesuaian. Jika anda hendak memotong sayur untuk membuat masakan, tentunya akan lebih pas jika anda memakai pisau dapur biasa bila dibandingkan menggunakan sinar laser. :)
Untuk pembuatan pangkat sebenarnya mudah anda tinggal gunakan superscript. Untuk lebih mudahnya kita akan menggunakan contoh. Misalkan kita akan membuat bentuk : e3x-4. Maka langkah yang kita dapat lakukan untuk membuat pangkat tersebut adalah :
  1. Ketik dahulu pada dokumen “e3x-4” (teks biasa, tanpa pangkat, tanpa tanda kutip :) ).
  2. Kemudian blok teks “3x-4
  3. Tekan tombol CTRL+SHIFT+=
  4. Teks anda sudah berubah menjadi e3x-4 :)
  • Bila anda tidak ingin pangkat tersebut dan membuatnya menjadi teks normal kembali, anda blok kembali teks tersebut lalu kembali tekan CTRL+SHIFT+= atau tekan tombol CTRL+SPACEBAR. Pangkat tersebut akan kembali menjadi teks normal.
  • Bila anda malas mencari simbol untuk derajat, maka konsep untuk membuat pangkat tersebut bisa anda gunakan menggantikan penggunaan simbol. Selain untuk membuat derajat anda juga bisa mengaplikasikannya untuk penggunaan yang lain. Misalkan : 45oC, F*, dan masih banyak lagi.

Terima kasih telah membaca Cara Cepat Membuat Pangkat di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.