Cara Cepat Membuat Paragraf Rata Kanan-Kiri-Tengah-Justify di Microsoft Word

Oleh
Saat membuat dokumen, kita kadang tidak memperhatikan tampilan paragraf dari dokumen yang kita buat. Tampilan paragraf baru kita perhatikan saat dokumen tersebut hendak di cetak / print. Saat itu baru kita sibuk untuk membetulkan format dokumen yang kita buat.
Salah satu hal yang kita edit dan yang kita betulkan adalah bentuk paragraf dari dokumen kita. Biasanya, bentuk rata kiri adalah default yang diberikan oleh microsoft word untuk kita gunakan. Untuk mengatur paragraf anda bisa menggunakan keyboard shortcut atau hotkey yang telah disediakan microsoft word. Berikut cara mengatur paragraf dengan menggunakan keyboard shortcut

Paragraf Rata Kanan

Untuk membuat paragraf rata kanan, pilih terlebih dahulu paragraf yang akan dibuat rata kanan. Setelah itu anda bisa mengklik tombol rata kanan gambar toolbar untuk membuat paragraf rata kanan yang ada pada toolbar home atau menekan tombol CTRL + R.

Paragraf Rata Kiri

Paragraf rata kiri biasanya adalah default dari microsoft word. Untuk membuat paragraf rata kiri, pilih terlebih dahulu paragraf yang akan dibuat rata kkiri. Setelah itu anda bisa mengklik tombol rata kiri gambar toolbar untuk membuat paragraf rata kiri yang ada pada toolbar home atau menekan tombol CTRL + L.

Paragraf Rata Tengah

Rata tengah alias center, umumnya digunakan untuk judul makalah atau tugas. Untuk membuat paragraf rata tengah, pilih terlebih dahulu paragraf yang akan dibuat rata tengah. Setelah itu anda bisa mengklik tombol rata tengah gambar toolbar untuk membuat paragraf rata tengah yang ada pada toolbar home atau menekan tombol CTRL + E.

Paragraf Rata Kiri Kanan (Justify)

Paragraf rata kiri kanan atau justify biasanya digunakan saat menulis makalah, skripsi, thesis, disertasi, atau dokumen formal lainnya. Untuk membuat paragraf rata kiri kanan (justify), pilih terlebih dahulu paragraf yang akan dibuat rata kiri-kanan (justify). Setelah itu anda bisa mengklik tombol rata kiri kanan (justify) gambar toolbar untuk membuat paragraf rata kiri kanan (justify) yang ada pada toolbar home atau menekan tombol CTRL + J.
  • Saat memilih sebuah paragraf untuk diratakan kiri/kanan/tengah/justify, anda cukup meletakkan kursor teks / editor pada paragraf tersebut
  • Bila paragaf yang dipilih lebih dari satu, teks yang diblok cukup ada sebagian dari paragraf tersebut yang terkena blok teksnya.
  • Secara default, paragraf adalah rata kiri. Jika anda menekan tombol yang sama, akan membuat paragraf menjadi “toggle” rata kiri.

Terima kasih telah membaca Cara Cepat Membuat Paragraf Rata Kanan-Kiri-Tengah-Justify di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.