Cara Cepat Mengurutkan Data Teks di Microsoft Word

Saat membuat dokumen terkadang kita butuh untuk mengurutkan data, baik itu berupa nama, angka,nilai atau pun yang lainnya. Proses pengurutan data tidak hanya dapat dilakukan di Microsoft Excel. Microsoft Word juga menyediakan fasilitas untuk mengurutkan data.
Untuk cara cepat mengurutkan data di microsoft word 2007 anda dapat menggunakan cara berikut.
  1. Pilih teks yang akan diurutkan, lalu blok teks tersebut.
  2. Setelah itu pilih tab menu Home
  3. Klik tombol toolbar Sort
  4. toolbar pengurutan data di Microsoft Word 2007
  5. Pada dialog yang ditampilkan, pilih opsi ascending untuk mengurutkan data mulai dari kecil ke besar (dari A sampai Z), sedangkan opsi Descending untuk mengurutkan data mulai dari besar ke kecil ( dari Z sampai A).
  6. Dialog pengurutan data di Microsoft Word 2007
  7. Setelah memastikan pilihan anda sesuai, klik OK untuk dilaksanakan pada teks data yang telah anda pilih. Misalkan kita memilih ascending alias data diurutkan dari kecil ke besar alias dari A ke Z maka hasilnya akan tampak seperti pada gambar berikut
  8. contoh hasil pengurutan data di Microsoft Word 2007

Selain mengurutkan data seperti di atas, anda juga dapat mengurutkan isi tabel ataupun teks terbagi-bagi dalam field yang dipisahkan oleh karakter tertentu seperti yang dipisahkan dengan koma, tab, ataupun yang lainnya. Untuk mengurutkan data yang lebih kompleks tersebut anda dapat mengatur setting an melalui tombol Options… yang disediakan pada dialog pengurutan data.