Cara Membandingkan (Mencari Perbedaan) Isi Dua Dokumen Microsoft Word

Oleh
Ketika kita menyimpan file microsoft word dengan nama yang berbeda, kita bermaksud agar kita memiliki file cadangan agar bila terjadi sesuatu yang buruk dengan file yang asli kita masih memiliki backupnya. Akan tetapi suatu saat, mungkin kita lupa yang mana file yang versi terakhir. Sebab nama file yang kita buat terlalu sama atau mirip. Sehingga kita mau tidak mau harus melihat ke dalam isi file dokumen microsoft word tersebut. Dari pada bolak-balik membandingkan antara sebuah file dokumen dengan dokumen yang lain, akan lebih baik bagi kita untuk menyandingkan dan membandingkan dengan menggunakan cara yang relatif ampuh untuk mengetahui dimana letak persamaan dan perbedaan kedua file yang kita ingin bandingkan. Dengan cara ini, kelebihan yang dapat diambil antara lain ketika kita menggeser atau scroll salah satu dokumen ke bawah atau ke atas (bahkan juga ke kiri dan ke kanan), maka dokumen yang lain akan ikut bergeser sesuai dengan apa yang kita lakukan.
  1. Buka terlebih dahulu kedua file dokumen yang akan disandingkan atau dibandingkan.
  2. Buka / pilih salah satu file dokumen tersebut, nantinya file dokumen tersebut akan diletakkan di sebelah kiri.
  3. Kemudian klik menu ribbon View
  4. Lalu pada grup Window klik tombol View Side by Side
  5. Jika Microsoft Word anda hanya membuka kedua file dokumen tersebut, maka kedua dokumen tersebut akan langsung disandingkan dan anda dapat langsung membandingkan isinya. Bila tidak maka anda akan ditampilkan sebuah dialog Compare Side By Side. Pilih file yang akan anda bandingkan lalu klik OK.
  6. Selanjutnya anda akan melihat tombol Synchrounous Scrolling dan Reset Window Position menjadi aktif dan bisa anda gunakan untuk membantu anda melakukan pembandingan dokumen.
Gambar: Cara menyandingkan dan membandingkan dua buah file dokumen di  Microsoft Word
Anda dapat menonaktifkan sementara perintah scrolling pada jendela dokumen pembanding dengan mengklik tombol Synchrounous Scrolling, dan mengaktifkan kembali sinkronisasi scrolling dengan klik ulang tombol Synchrounous Scrolling tersebut kembali. Hal ini bisa berguna untuk mengatur kembali tampilan kedua dokumen.

Terima kasih telah membaca Cara Membandingkan (Mencari Perbedaan) Isi Dua Dokumen Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.