Cara Memberi Nomor Halaman Romawi Pada Microsoft Word

Oleh
Nomor halaman sangat penting, dan bahkan bila kita membuat dokumen atau laporan resmi seperti skripsi , thesis atau disertasi kita diharuskan untuk memberikan nomor halaman pada kertas laporan kita. Tetapi untuk membuat laporan skripsi atau thesis tersebut kita harus menggunakan campuran penomoran halaman romawi dan nomor halaman biasa (atau juga menyertakan nomor bab). Halaman bernomor romawi (i, ii, iii, dst) biasanya dipakai untuk halaman kata pengantar, daftar isi dan juga lampiran. Sedangkan nomor halaman biasa (dengan nomor bab) biasanya digunakan untuk isi laporan atau dokumen. Untuk membuat atau memberikan nomor halaman romawi pada dokumen anda bisa menggunakan cara berikut.
  1. Jika anda belum memberikan nomor halaman pada lembar kerja atau kertas anda, maka sisipkan nomor halaman terlebih dahulu. Jika nomor halaman sudah ada, anda bisa langsung ke langkah kedua. Untuk menyisipkan nomor halaman klik menu ribbon insert. Lalu pada grup Header and Footer klik tombol page number. Pada popup menu yang tampil, pilih item Top Of Page untuk memberi nomor halaman di bagian atas kertas, atau pilih Bottom of Page untuk memberikan nomor halaman di bagian bawah kertas. Setelah itu pilih bentuk penomoran halaman yang ada di sub menu salah satu dari kedua item tersebut.
  2. Setelah menambah nomor halaman, klik kembali tombol Page Number yang ada di grup Header and Footer tersebut. Lalu pada popup menu yang muncul pilih item Format Page Numbers.
  3. Pada dialog Page Number Format, ganti isi kotak Number Format dengan angka romawi i, ii, iii
  4. Kemudian klik tombol OK untuk menyimpan dan menggunakan bentuk penomoran romawi pada halaman dokumen.
Gambar: Cara membuat nomor halaman romawi di  Microsoft Word
  • Untuk mendukung penggunaan nomor halaman yang berbeda (campuran nomor halaman romawi dan nomor halaman biasa), bisa dengan jalan menambahkan atau memanfaatkan section baru dalam dokumen.
  • Anda dapat memanfaatkan pengaturan awal nomor halaman dengan cara mengatur pemberian nomor awal pada kotak Start At yang ada pada dialog Page Number Format.

Terima kasih telah membaca Cara Memberi Nomor Halaman Romawi Pada Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.