Cara Memberi Password pada Folder di Windows XP/Vista/Seven

Oleh
Kerahasiaan data menjadi hal yang sangat penting di zaman sekarang ini. Jika anda di kantor menggunakan komputer secara bersama-sama dengan rekan-rekan sejawat anda, tentunya hal ini akan menghemat pengeluaran belanja modal untuk perlengkapan bagi kantor anda. Tetapi di sisi lain, dengan penggunaan komputer secara bersama, tentu saja kerahasiaan data milik anda tidak menjadi prioritas utama. Jika anda merasa rahasia anda hanya ada pada satu atau beberapa file dokumen yang dibuat dengan menggunakan microsoft excel atau microsoft word, tentunya anda tinggal memasang password pada file-file tersebut. Tetapi jika jumlah file data anda banyak, anda memang bisa mengakalinya dengan menggunakan sebuah password “super” yang digunakan di setiap file, tetapi apakah setiap kali akan membuka file anda harus mengetikkan terlebih dahulu password file tersebut. Tentunya akan menjadi membosankan jika harus mengetikkan password saat membuka file dokumen.

Alternatif lainnya adalah dengan memasukkan semua data anda dalam sebuah folder milik anda dan selanjutnya folder tersebut di proteksi dengan password. Sehingga anda hanya cukup sekali untuk mengetikkan password untuk membuka folder tersebut, kemudian bekerja dengan dokumen anda, lalu bila telah selesai bekerja dan menyimpan hasil kerja anda, tutup kembali folder tersebut dengan password. Beres. :)
Untuk bisa memberi atau memasang password pada folder di Microsoft Windows XP/Vista/Seven, anda membutuhkan bantuan software yang memiliki kemampuan memasang password pada folder. Untungnya, di zaman internet seperti sekarang ini semua nyaris bisa anda dapatkan gratis dari internet. Anda tinggal download saja software yang dapat memberi password pada folder di windows XP/Vista/Seven. Folder Guard dan Folder Protect merupakan software yang dapat memberi password tersebut dan sudah tidak diragukan lagi kehandalannya.

Folder Guard.

Folder Guard memiliki kemampuan dapat menyembunyikan file dan folder. Folder guard dapat menyembunyikan file dalam sebuah direktori sementara file lainnya tetap terlihat seperti biasa. Selain itu folder guard juga bisa melindungi akses terhadap CD-ROM, membatasi akses Control Panel,Start Menu, ataupun Aplikasi. Bahkan, folder guard juga membatasi orang yang tidak berkepentingan untuk melakukan akses download program dari internet ataupun instalasi yang berasal dari CD ROM.

Folder Lock

Seperti halnya Folder Guard, Folder lock juga digunakan untuk menyembunyikan folder. Folder lock dapat menghapus document history, menghapus clipboard, atau bahkan mematikan komputer bila ternyata usaha memberikan password untuk sebuah folder salah.

Tool lainnya untuk menyembunyikan Folder

Selain Folder Guard dan Folder lock, masih banyak aplikasi sejenis yang bisa anda dapatkan ataupun anda coba:
  • AutoKrypt
  • Protect Folder
  • Folder Password Expert

Link Download

  • Untuk memberi password dan melakukan proteksi folder dengan menggunakan Folder Guard silahkan klik disini.
  • Untuk memberi password dan melakukan proteksi folder dengan menggunakan Folder Lock silahkan klik disini.
  • Untuk memberi password dan melakukan proteksi folder dengan freeware software menggunakan TrueCrypt silahkan klik disini.
  • Untuk memberi password dan melakukan proteksi folder dengan freeware software menggunakan MyLockBox silahkan klik disini
  • Jika anda mencari alternatif software untuk enkripsi file atau folder, agar berhati-hati. Sebab banyak software yang menjadi atau mengandung malmware atau badware.
  • Jika anda memberi password pada folder, jangan sampai lupa akan password folder tersebut.

Terima kasih telah membaca Cara Memberi Password pada Folder di Windows XP/Vista/Seven. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.