Cara Membuat Blok Cell Di Tabel Microsoft Word

Oleh
Ketika bekerja dengan tabel kita sering melakukan pengeditan terhadap table, baik merubah format teks atau cell dalam table. Pada beberapa aksi pengeditan table, kita bisa mempercepat proses pengeditan dengan terlebih dahulu memilih cell tabel yang akan edit. Ada berbagai cara cepat dan mudah untuk melakukan seleksi terhadap cell di tabel Microsoft Word yang dapat anda lihat berikut.

1. Cara Memilih tabel dengan klik mouse

Untuk memiilh seluruh cell tabel, anda dapat mengarahkan kursor mouse ke tabel lalu pada bagian kiri atas akan muncul serupa dengan tanda plus. Klik tanda plus tersebut untuk memilih seluruh tabel.
Gambar: Cara memilih tabel dengan cepat di Microsoft Word

2. Cara Memilih baris Tabel dengan klik Mouse

Ketika memilih satu atau beberapa baris anda dapat melakukan klik di sebelah kiri dari cell paling kiri dari baris yang akan dipilih.Indikator anda dapat memilih baris diantaranya adalah anda akan melihat kursor mouse akan berubah menunjuk ke arah kanan.
Gambar: Cara memilih baris tabel dengan cepat di Microsoft Word

3. Cara Memilih baris Tabel dengan keyboard

Untuk memilih tabel menggunakan keyboard, klik atau tempatkan kursor teks pada kolom paling kiri dari baris yang akan dipilih. Lalu tekan tombol ALT+SHIFT+END. Atau anda juga bisa menekan berulang-ulang tombol SHIFT+PANAH KANAN hingga kolom terakhir ikut diblok / seleksi.
Selanjutnya untuk menambah memilih baris yang ada di atas atau di bawah anda tinggal melanjutkan dengan menekan SHIFT+PANAH ATAS atau SHIFT+PANAH BAWAH.

4. Cara Memilih Kolom Tabel Dengan Klik Mouse

Untuk memilih kolom tabel, arahkan kursor mouse ke garis / border tabel paling atas dari kolom yang akan anda pilih. Anda akan melihat kursor mouse akan menunjuk ke arah bawah. Bila demikian, anda bisa melakukan klik untuk memilih kolom tersebut.
Gambar: Cara memilih kolom tabel dengan cepat di Microsoft Word

5. Menggabungkan Block Sel Tabel dengan tombol SHIFT

Untuk memilih area blok cell yang berurutan, baik secara horizontal ataupun vertical , anda dapat menggunakan tombol SHIFT digabungkan dengan klik mouse ataupun digabung dengan tombol keyboard yang lain seperti PANAH ATAS, PANAH BAWAH, PANAH KIRI, PANAH KANAN, HOME, END, PG UP, atau PG DOWN.

Jika anda ingin memilih baris dan kolom yang tidak berdekatan (lihat gambar contoh pemilihan baris dan kolom di atas), anda bisa menggabungkannya dengan menekan tombol CTRL.

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Blok Cell Di Tabel Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.