Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Ms Word

Oleh
Footnote alias catatan kaki berguna untuk memberikan keterangan atau uraian terkait dengan tulisan pada dokumen yang kita buat. Umumnya catatan kaki dipakai pada karya tulis, skripsi, thesis, laporan ilmiah ataupun lainnya. Footnote umumnya berupa nomor bilangan kecil yang ditulis dalam bentuk seperti pemangkatan (superscript). Fasilitas untuk menyisipkan catatan kaki (footnote) pada dokumen disediakan di Microsoft Word dan cara untuk membuat Catatan Kaki atau footnote bisa anda ikuti langkah berikut.

1. Pilih Lokasi Penempatan Footnoote

Pilih posisi atau lokasi penempatan footnote dan tempatkan kursor editor (umumnya berupa garis vertikal kedap-kedip) di lokasi tersebut. Cara mudahnya klik saja lokasi tersebut.

2. Memulai Proses Menyisipkan Footnote

Ada dua cara menyisipkan footnote.
  • Cara pertama, melalui ribbon. Klik tombol Menu Ribbon References lalu klik tombol Insert Footnote.
  • Cara kedua, melalui keyboard shortcut. Jika Microsoft word anda mendukung kompatibilitas dengan Microsoft word 2003, maka anda bisa menggunakan shortcut ALT+I,N,N

3. Panduan Mengisikan Dialog Footnote

Setelah mengklik tombol insert footnote atau mengaktifkan melalui keyboard shortcut, anda akan ditampilkan sebuah dialog untuk menyisipkan footnote.
gambar: dialog untuk mengatur konfigurasi footnote ketika menyisipkan footnote di microsoft word
Untuk mengisi dialog Footnote and Endnote tersebut:
  • Untuk bagian Location pilih opsi Footnotes. Pada kotak yang tersedia, pilih bottom of page untuk menaruh keterangan di bagian bawah halaman / kertas kerja.
  • Untuk bagian Format.
    1. pilih Number format sesuai dengan format yang anda inginkan, apakah bentuk penomoran :1, 2, 3,… ; a, b, c, …; A, B, C,…; i, ii, iii,… ; atau I, II, III, …
    2. isikan Custom mark jika anda ingin footnote anda berupa simbol, kata, atau apapun yang anda inginkan untuk dijadikan footnote.
    3. Isikan Start at dengan angka yang paling kecil yang anda inginkan yang akan digunakan sebagai awal dari nomor footnote.
    4. Numbering. Jika anda menggunakan format nomor (lihat pilihan number format), apakah ingin nomor tersebut sekuensial alias berurutan untuk keseluruhan dokumen atau untuk setiap section dimulai kembali dengan angka yang sudah anda isikan di kotak Start At di atas.

4. Sisipkan Footnote

Setelah selesai mengisi format untuk footnote, baca sekali lagi untuk memastikan semua telah sesuai dengan apa ang anda inginkan. Selanjutnya klik Insert untuk menambahkan footnote pada dokumen anda.
  • Jika anda menggunakan footnote dan endnote, gunakanlah penomoran yang berbeda. Misalkan footnote menggunakan penomoran 1,2,3,… sedangkan endnote menggunakan i, ii, iii, … . Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan penomoran referensi yang sama.
  • Jika anda ingin menghapus footnote anda dapat menghapus angka kecil yang ada di ketikan dokumen anda maka angka dan keterangan / uraian yang ada di catatan kaki yang ada di bagian bawah halaman otomatis akan ikut terhapus

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.