Cara Membuat Nomor Halaman Cantik di Microsoft Word

Oleh
Selain untuk keperluan surat menyurat, biasanya dokumen yang kita buat memerlukan nomor halaman disetiap lembarnya. Bahkan kadang kita juga melihat halaman yang diberi nomor halaman ke sekian dari sejumlah sekian halaman, nomor halaman yang memakai hiasan garis, kotak, lingkaran, dan lain sebagainya. Semua versi microsoft word mendukung dan memiliki fasilitas untuk penomoran halaman. Cara membuat penomoran halaman di setiap versi belum tentu sama, meskipun demikian semuanya memiliki konsep yang sama, yakni penggunaan field. Untuk pembuatan nomor halaman di Microsoft 2007 dapat digunakan langkah-langkah berikut.
  1. Klik tab menu Insert.
  2. Klik tombol Page Number
  3. Lalu klik item Bottom of page untuk menyisipkan nomor halaman di bagian bawah halaman. Bila anda ingin menyisipkan nomor halaman di bagian atas halaman maka anda harus memilih Top Of Page
  4. Kemudian pilih bentuk plain number 2 untuk menyisipkan nomor halaman di tengah-tengah. Bila anda ingin menyisipkan nomor halaman di bagian kiri, pilih plain number 1, bila ingin menyisipkan nomor di bagian kanan pilih plain number 3. Bila langsung anda klik, nomor halaman akan otomatis disisipkan dibagian bawah halaman dengan posisi ditengah-tengah (center).
  5. gambar contoh cara mudah membuat nomor halaman (page number) di Microsoft Word 2007
  6. Selain penomoran bentuk plain, anda juga diberikan pilihan untuk bentuk penomoran halaman yang lain. Cobalah scroll pilihan penomoran tersebut, anda akan melihat dibagian bawah pilihan plain number masih banyak jenis dan berbagai bentuk aksesoris yang digunakan untuk penomoran halaman. Anda akan melihat berbagai penomoran yang cantik, unik dan elegan. Seperti nomor halaman dari sekian halaman, nomor halaman dengan hiasan garis, kotak, lingkaran dan sebagainya. Pilihlah salah satu yang anda kehendaki atau setidaknya bentuk penomoran yang paling mendekati keinginan anda.
  7. gambar contoh cara mudah membuat nomor halaman (page number) cantik, unik, elegan di Microsoft Word 2007
  8. Klik salah satu bentuk penomoran halaman yang ada untuk disisipkan dalam halam dokumen anda.

Bila anda merasa jenis font atau ukurannya kurang sesuai dengan keinginan anda, klik ganda (double click) nomor halaman tersebut. Anda akan langsung masuk mode pengeditan header dan footer. Silahkan anda ganti atau format nomor tersebut sesuai dengan keinginan anda. Tapi ingat, nomor tersebut jangan dihapus atau diganti teks biasa. Misalkan anda memilih bentuk Page 1 of 9, maka gantilah Page menjadi Halaman, of menjadi dari, sehingga bentuknya akan menjadi Halaman 1 dari 9. Ingat, angka 1 dan 9 tidak diganggu.

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Nomor Halaman Cantik di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.