Cara Membuat Penomoran Otomatis Selang 1 Atau Beberapa Baris di Microsoft Excel

Dokumen yang kita buat tidak selamanya menggunakan nomor baris secara berurutan. Kita mungkin perlu untuk melewati 1, 2 atau selang beberapa baris baru nomor dilanjutkan kembali. Hal ini karena untuk setiap baris data yang kita miliki, kita menggunakan beberapa baris di Microsoft Excel. Meskipun demikian kita masih bisa menggunakan penomoran otomatis selama selang antar nomor tersebut masih bersifat konstan atau tetap. Maksudnya, semua nomor baris diletakkan selang 1 baris saja, atau selang 2 baris saja, tidak berupa acak seperti selang 1 baris kemudian berikutnya selang 2 baris terus kembali lagi 1 baris, dsb. Untuk membuat penomoran selang 1, 2, atau beberapa baris secara tetap atau konstan di Microsoft Excel anda dapat menggunakan langkah berikut.
  1. Isikan angka 1 dan 2 pada sel di lembar kerja dengan selang satu baris (jika anda ingin selang dua baris maka isikan angka 2 selang dua baris dari angka 1).
  2. Blok kedua cell tersebut dan blok juga cell kosong yang ada di bawah angka dua sebanyak selang baris yang anda gunakan, karena kita ingin membuat selang satu baris maka kita blok cell yang ada satu baris di bawah angka dua
  3. Kemudian arahkan kursor mouse ke sudut kanan dari blok cell tersebut, hingga kursor mouse akan berubah bentuk menjadi tanda + (plus)
  4. Klik dan drag titik tersebut ke arah bawah hingga anda mendapatkan nomor yang anda inginkan.
Gambar: Cara membuat nomor otomatis selang 1, 2, atau beberapa baris di Microsoft Excel
 

  • Untuk membuat format penomoran seperti 1, 3, 5, 7, dst dengan cara menggantikan angka 2 dengan angka 3, lalu lakukan dengan cara yang sama seperti di atas.
  • Selain untuk membiat penomoran otomatis secara vertikal, anda juga bisa menggunakan cara yang sama untuk membuat penomoran otomatis secara horizontal dengan melewati atau selang 1, 2, atau beberapa kolom.