Cara Membuat Tulisan di Atas Gambar Background(Latar) di Microsoft Word

Ketika kita ingin membuat dokumen kadang kita ingin mempercantik dengan tampilan latar yang bercorak warna warni ataupun bergambar, atau mungkin kita ingin membuat tampilan seperti leaflet atau brosur. Dengan sedikit trik, kita bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan Microsoft Word 2007 untuk membuat yang seperti itu. Untuk membuat latar belakang kertas kita memiliki gambar atau tulisan kita diatas gambar kita bisa melakukannya dengan langkah berikut.

1. Ketik isi dokumen terlebih dahulu.

Seperti biasa, ketik dokumen terlebih dahulu, biar nanti kelihatan kalau kita membuat teks tulisan tersebut berada di atas gambar. ;)

2. Sisipkan sebuah Gambar

Pilih sebuah gambar untuk disisipkan. Untuk menyisipkan gambar tekan keyboard shortcut ALT+I,P,F (tekan ALT+I, lalu tombol “P”, lalu tombol “F”). Shortcut tersebut merupakan versi kompatibel dengan Microsoft Word 2003 atau 1997. Untuk lebih lanjut anda bisa lihat cara menyisipkan gambar di Microsoft Word.

3. Ubah Layout Gambar

Ubah layout gambar yang baru anda sisipkan tersebut menjadi “Behind Text”. Caranya klik kanan gambar tersebut. Pada popup menu yang ditampilkan pilih item Text Wrapping lalu pilih Behind Text. Selanjutnya atur posisi dan ukuran gambar anda sesuai kehendak anda.
gambar: contoh cara membuat teks di atas gambar di Microsoft Word

Gambar yang telah disisipkan biasanya akan “menghilangkan” tulisan yang telah kita ketik karena warna font teks tersebut sama dengan warna gambar atau paling tidak menyerupai warna yang sama. Atur warna font agar teks dapat terbaca dengan baik.