Cara Memperbaiki File Microsoft Word yang Rusak

Oleh
File dokumen rusak bisa menjadi sebuah bencana baru terutama bila file tersebut berisi data hasil kerja kita selama berbulan-bulan atau berisi data yang tidak tergantikan. Bila dokumen microsoft word anda rusak atau diindikasikan rusak, maka jangan panik dulu. Untuk mengembalikan file dokumen Microsoft Word yang rusak anda bisa menggunakan langkah berikut.

a. Backup File

Backup File rusak tersebut. Kenapa? Agar anda memiliki backup dan sekaligus dapat bereksperimen dengan file rusak tersebut tanpa takut memperparah kerusakannya.

b. Gunakan fasilitas repair Microsoft Word

Coba buka file microsoft word tersebut dengan langkah berikut :
  1. Tekan tombol CTRL+O untuk memunculkan dialog Open.
  2. Kemudian pilih file yang rusak tersebut
  3. Selanjutnya pada tombol Open klik tombol segitiga kecil yang ada di sebelah kanannya untuk menampilkan popupmenu yang menampilkan beberapa pilihan untuk membuka file.
  4. Dari pilihan yang ada, klik item Open and Repair. Mudah-mudahan Microsoft Word berhasil memperbaiki file anda.
Gambar: cara mudah menggunakan fasilitas open and repair dari microsoft word

c. Membuka file secara manual

Bila file rusak masih tidak bisa dibuka, coba buka secara manual (Khusus Microsoft Word 2007/2010 atau yang lebih baru). Mungkin anda dapat membangun kembali dokumen anda. File Microsoft Versi 2007/2010 merupakan sebuah file zip yang berisi kumpulan file xml, gambar dan file-file pendukung lainnya.
  1. Copy file rusak tersebut
  2. Ganti ekstensi file dari .docx menjadi .zip
  3. Ekstrak atau dekompress file tersebut menggunakan Winzip, Winrar, power archiver, atau tools lain yang bisa membuka file zip.
  4. Bila file .zip benar-benar rusak dan tidak bisa dibuka sama sekali, coba dengan tool lain untuk memperbaiki file zip seperti DiskInternals ZIP Repair, ZipRepair, atau tool yang lainnya.
  5. Bila file bisa dibuka walaupun sebagian, cobalah lihat isinya terutama pada folder word dan media. Mungkin anda bisa mengambil atau memulung sebagian dokumen anda pada folder tersebut. ;)

d. Gunakan jasa tenaga ahli / profesional

Bila tiga cara sebelumnya tidak bisa dilakukan, maka mau tidak mau anda harus menyewa tenaga ahli profesional. Bila demikian, harddisk atau flashdisk yang sebelumnya digunakan untuk menyimpan file rusak tersebut sebaiknya jangan digunakan untuk menyimpan file dahulu agar jejak file lama masih bisa terlacak
  • Bila anda mencoba tool untuk perbaikan file zip yang berasal dari download dari internet, pastikan tool tersebut bebas virus, spy ware, atau badware.
  • Bila Anda harus mengunakan tenaga profesional, jangan terlalu memperlihatkan bahwa anda sangat butuh akan file tersebut. Sebab bila terlihat butuh biasanya ongkos jasa pengembalian data akan menjadi lebih mahal

Terima kasih telah membaca Cara Memperbaiki File Microsoft Word yang Rusak. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.