Cara Mempercepat Akses Flashdisk

Oleh
Era disket sudah berakhir. Zaman sekarang untuk urusan copy meng-copy sudah menggunakan flashdisk. Bagaimana cara agar akses flashdisk dapat lebih cepat? Sebenarnya nya mudah, dan cara untuk mempercepat akses flashdisk tersebut dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun. Berikut ini beberapa cara sederhana agar pengaksesan flashdisk bisa lebih cepat:

Tips 1: Ingin Cepat? Jangan menyimpan file terlalu banyak

Banyak disini dalam artian jumlah filenya, bukan jumlah ukuran byte-nya. Semakin banyak file yang anda simpan ke dalam flashdisk, maka akan semakin besar pula waktu yang dibutuhkan untuk membaca file / data dari flashdisk. Analoginya sederhana. Anda akan lebih mudah menemukan sebuah buku yang disimpan dalam tumpukan 5 buah buku, daripada mencari sebuah buku di perpustakaan yang berisi ribuan buku.

Tips 2: Hapus file yang sudah tidak terpakai

Bila ada file yang sudah tidak terpakai lagi, sebaiknya segera hapus dari flashdisk. Kenapa? lihat tips nomor 1 di atas.

Tips 3: Pisahkan file ke dalam folder

Bila file yang anda simpan banyak, anda dapat mengatasinya dengan memilah-milah / mengelompokkan file dan menyatukannya ke dalam sebuah folder. Sebaiknya sub folder jangan dibuat terlalu dalam (di dalam folder ada sub folder yang didalamnya ada subfolder dan didalamnya ada sub folder lagi ..dst). Sebab folder yang terlalu dalam/panjang akan dapat menyebabkan file anda akan ditolak / susah dibaca.

Tips 4: Gunakan alat bantu kompresi

Anda dapat menggunakan Alat bantu kompresi seperti WinZip, WinRar, PowerArchiever, dan masih banyak untuk membantu anda membuat file kompresi, baik itu .ZIP, .RAR, .CAB ataupun format kompresi lainnya. sehingga anda dapat menghemat / meminimalisir jumlah file yang ada di flashdisk. Jika anda hanya akan menggunakan flashdisk untuk media transfer dari satu komputer ke komputer lain (file tidak dibuka-buka), maka sebaiknya hanya menyimpan file kompresinya saja dan meng-copy+membukanya di komputer tujuan. Hal ini akan mempercepat proses transfer file yang akan anda lakukan.

Tips 5: Password file anda

Bila anda memiliki dokumen yang telah anda di-scan oleh anti virus dan anda yakin dokumen tersebut tidak tertular oleh virus, maka sebaiknya dokumen-dokumen tersebut dikompres dan file hasil kompresannya di-password. Hal ini dilakukan untuk mencegah virus menggandakan dirinya di dokumen anda dan sekaligus mencegah antivirus untuk mengecek satu persatu dokumen anda.

Tips 6: Jangan mengedit dokumen langsung dari flashdisk

Bila anda membuka dan mengedit dokumen (yang tidak terkompres) dari flashdisk, maka umumnya aplikasi untuk dokumen tersebut akan membuat file temporary di flashdisk. Hal ini akan menurunkan kinerja aplikasi anda dan sekaligus akan memperpendek umur flashdisk. Oleh karena itu sebaiknya copy file tersebut ke harddisk terlebih dahulu, lakukan proses editing anda, kemudian simpan kembali hasilnya (copy kembali) ke flashdisk.

7. Jangan membuka file video berukuran besar dari flashdisk

Mirip dengan nomor 6. Jangan membuka file video / animasi berukuran besar langsung dari flashdisk. Sebab proses pembacaan data file akan dilakukan berulang-ulang / simultan, sehingga flashdisk anda akan lebih cepat panas dan dapat memperpendek umur flashdisk. Jika flashdisk tersebut mendekati hampir rusak, proses pembacaan akan dapat menjadi lebih lama.

Terima kasih telah membaca Cara Mempercepat Akses Flashdisk. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.