Cara Mengatasi File Dokumen Microsoft Word Yang Tidak Bisa dibuka

Oleh
Ketika anda mengerjakan tugas, laporan, skripsi, thesis, disertasi atau pun dokumentasi lainnya anda biasa mengetik dokumen tersebut menggunakan Microsoft word. Hal yang paling menyebalkan, membingungkan, atau bahkan mengkhawatirkan adalah saat kita sedang butuh-butuhnya ternyata file yang kita simpan tidak bisa dibuka. Kadang dengan rasa kecewa dan takut, kita pun bertanya-tanya. Kenapa file microsoft word tidak bisa dibuka? Ada beberapa alasan kenapa file dokumen microsoft word kita tidak mau dibuka.

1. Password Dokumen

File Microsoft Word tidak bisa dibuka karena di password. Jadi anda memang tidak berhak untuk membukanya.
Oleh karena itu jika anda menggunakan password dokumen microsoft word, jangan pernah lupa password tersebut! Sebenarnya jika anda lupa, masih ada software pembuka microsoft word. Jika anda download program pembuka password microsoft word dari internet, maka hati-hati terhadap virus / badware.

2. Perbedaan versi Microsoft Word

Jika anda tidak bisa membuka file dokumen microsft word milik anda di komputer teman anda, jangan dulu berpikir yang tidak-tidak. Mungkin saja Microsoft Word atau paket microsoft Office milik teman anda versinya lebih rendah daripada versi yang anda miliki. Umumnya versi microsoft word yang lama tidak akan bisa membuka dokumen yang dibuat dengan versi microsoft word yang lebih baru. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cara konversi file anda ke versi yang lebih lama.

3. File Microsoft Word Diambil Aplikasi Lain

Bila anda mencoba langsung membuka file microsoft word anda dengan double click dari windows explorer tapi ternyata file tersebut dibuka oleh aplikasi lain, maka bisa jadi bukan error pada aplikasi microsoft word anda. tetapi hanya sekedar “pengambil alihan” tipe dokumen microsoft word oleh aplikasi lain. Cara mengatasi yang ekstrim adalah melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Sedangkan cara terbaik adalah dengan mengatur ulang Aplikasi untuk membuka type file dokumen microsoft word

4. Shell Extention Tidak Berfungsi

Bila anda tidak bisa langsung membuka file microsoft word anda dengan klik ganda (double click), bukan berarti file anda rusak. Tapi bisa jadi komputer yang anda pakai mengalami kerusakan sistem operasi atau registry, sehingga double click yang anda lakukan menjadi “tidak berarti”. Coba dengan cara jalankan terlebih dahulu program aplikasi Microsoft Word. Kemudian buka file dokumen anda melalui Open Dialog Microsoft Word. Untuk memunculkan open dialog tersebut anda bisa menggunakan keyboard shortcut CTRL+O.

5. File Dokumen Word Terserang Virus

Bila dokumen anda terserang virus, bisa jadi pada windows explorer gambar icon yang ditampilkan adalah microsoft word, padahal sebenarnya dokumen anda sudah menjadi executable file (.EXE) yang kemudian dicegah dijalankan oleh anti virus. Atau bisa jadi dokumen anda rusak saat antivirus mencoba membetulkannya. Pemilihan anti virus yang anda pakai akan menentukan tingkat keberhasilan pengembalian dokumen anda yang bebas virus. Tapi bila sudah diubah menjadi file .EXE, kemungkinannya sangat kecil.

6. Sistem yang Rusak

Seperti halnya Shell Extention yang tidak berfungsi. Bila microsoft word anda tidak mau dijalankan, maka berarti terdapat kerusakan pada aplikasi microsoft word, baik itu kerusakan pada registry ataupun adanya file pendukung yang hilang atau rusak. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan install ulang program Microsoft Office Anda khususnya microsoft word

7. File Rusak

File dokumen microsoft word yang Rusak adalah hal yang paling menakutkan. Anda masih bisa mencoba berbagai cara untuk memperbaiki file dokumen microsoft word yang rusak tersebut. Tetapi bila sudah tidak bisa lagi..atau anda sudah tidak bisa melakukan apa-apa lagi.. Terima saja kenyataan. :( Cara terbaik adalah mencoba meminta kepada para tenaga ahli yang menyediakan jasa pengembalian atau recovery data yang tentunya dengan sejumlah imbalan atau ongkos/biaya recovery.



Jika file dokumen anda adalah harta yang sangat berharga, maka jalan terbaik adalah selalu membuat backup data anda. Jadi jika terjadi sesuatu pada media penyimpanan file anda (CD, DVD, Flashdisk, Harddisk, atau lainnya), maka anda masih mempunyai backup atau cadangan. Jadi seandainya dokumen tersebut benar-benar rusak dan tidak bisa diselamatkan, anda masih bisa mengulangi lagi dari backup atau cadangan yang sudah dibuat. Lebih baik pekerjaan anda menjadi mundur 1 atau 2 hari atau bahkan mungkin 1 minggu, daripada anda harus bekerja dari nol lagi dan membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatasi File Dokumen Microsoft Word Yang Tidak Bisa dibuka. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.