Cara Mengatasi Keracunan Makanan

Oleh
Bila kasus keracunan masih belum lama terjadi alias makanan masih di dalam saluran cerna, maka cara terbaik dan termudah menolong orang yang keracunan makanan adalah dengan memberikan arang aktif atau karbon aktif, yang kalau di apotik sering di sebut norit. Jumlah tablet norit yang diberikan tergantung seberapa parahnya keracunan yang diderita. Semakin banyak tablet norit yang diberikan maka akan semakin cepat dan semakin banyak pula racun yang dapat terserap. Sekalipun demikian maksimum pemberian tablet norit 20 tablet sekaligus. Tapi ingat, efektifitas norit ini tidak hanya mengikat racun yang ada di saluran cerna, tapi juga gizi makanan yang ada akan dinetralisir. Jadi saat norit diberikan, berikan pula air putih untuk menggantikan zat yang terserap norit.
Orang yang keracunan memiliki gejala diantaranya muntah-muntah dan diare. Dengan memuntahkan makanan, maka racun yang ada dalam makanan bisa ikut keluar. Walaupun demikian, kondisi penderita keracunan harus dipantau jangan sampai kekurangan cairan atau dehidrasi. Salah satu cara untuk mengatasi dehidrasi tersebut bisa melalui pemberian air kelapa muda.
Untuk merangsang muntah, penderita keracunan dapat diberikan susu. Tetapi sebaiknya jangan memberikan susu pada penderita keracunan anak-anak, sebab bisa menimbulkan masalah baru dengan tersedaknya sang anak saat muntah.

Bila kondisi penderita keracunan berkelanjutan dan bertambah parah, segeralah bawa ke rumah sakit.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatasi Keracunan Makanan. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.