Cara Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf Teks Microsoft Word

Oleh
Saat menulis judul kadang kita ingin ada jarak antar huruf, menjadikannya judul dengan huruf kapital semua, ataupun membuatnya menjadi judul yang small caps. Untuk membuat jarak antar huruf, biasanya kita bisa menggunakan cara dengan menambahkan spasi di sela-sela setiap huruf. Kesulitan mulai terjadi bila isi dokumen kita menggunakan jenis huruf font tertentu yang bentuknya kita sukai tetapi tulisan yang dihasilkan dirasa terlalu rapat. Sebenarnya ada trik atau cara yang bisa anda gunakan dan tentunya mudah untuk dilakukan agar jarak spasi antar huruf tersebut dapat diperlebar.
Cara untuk membuat atau mengatur jarak spasi antar huruf dapat anda lakukan sebagai berikut
  1. Pilih teks yang akan anda perjauh jarak spasi antar hurufnya.
  2. Lalu tekan tombol CTRL+D, untuk menampilkan dialog Font.
  3. gambar dialog Font: untuk merubah spasi antar karakter (characters spacing)
  4. Pada dialog tersebut pada kotak Spacing pilih item Expanded, untuk memperlebar jarak spasi antar karakter lalu isikan berapa jarak spasi antar karakter pada kotak By.
  5. Setelah perubahan jarak spasi teks dirasakan telah cukup, tekan tombol OK. Maka perubahan akan dilakukan pada teks yang telah anda pilih. Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini. Teks berwarna hitam adalah teks asli sebelum dilakukan perubahan, sedangkan teks berwarna merah merupakan teks yang jarak antar karakternya diperjauh / diperlebar.
  6. gambar contoh perubahan / perbedaan spasi antar karakter (characters spacing)
  • Pada dialog Font, jika anda memilih Condensed justru akan berlaku sebaliknya, jarak antar karakter justru dipersempit, dan bahkan bila terlalu sempit maka satu karakter akan tumpang tidih dengan karakter yang lainnya.
  • Perhatikan juga pada setiap perubahan nilai yang anda lakukan. Perubahan tersebut akan tampak atau ditampilkan pada kotak Preview yang ada di bagian bawah dialog Font.
  • Jika anda ingin mengembalikan bentuk teks ke bentuk normal, maka pada kotak Spacing pilih “Normal“. Atau anda bisa melakukannya dengan cara memblok teks tersebut lalu tekan tombol CTRL+SPACEBAR.
  • Untuk mengatur jarak ketikan antar baris di dalam paragraf lihat cara membuat spasi baris teks.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Jarak Spasi Antar Huruf Teks Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.