Cara Mengatur Konfigurasi Start up Program di Microsoft Windows

Oleh
Program aplikasi yang ada pada startup windows penting bagi kecepatan Windows terutama saat fase persiapan. Kita mungkin butuh program aplikasi untuk langsung dijalankan saat windows melakukan startup agar saat kita akan pakai program tersebut sudah siap digunakan. Meskipun demikian, semakin banyak program aplikasi yang dijalankan saat startup tentunya akan semakin resource komputer yang dipakai (diantaranya RAM, processor). Dengan demikian, kecepatan windows akan menjadi lebih lambat dan performa windows secara keseluruhan akan terganggu. Bandingkan saja saat komputer atau laptop anda baru dibeli, kecepatannya akan terasa jauh lebih baik daripada saat ini dimana sudah banyak program aplikasi yang telah anda install. Untuk mengatur konfigurasi startup anda dapat melakukan langkah berikut.

1. Buka Jendela System configuration

Untuk menampilkan System Configuration pada Microsoft Windows 7 ikuti langkah berikut:
  • Klik start menu lalu ketik msconfig pada kotak pencarian program dan file yang tersedia. Lalu tekan tombol enter.
  • Bila anda tidak menggunakan Microsoft windows seven, anda bisa memunculkan langsung dengan menekan keyboard shortcut Win+R, (tekan tombol keyboard yang bergambar windows, saat pada yang bersamaan juga tekan tombol “R”). Kemudian ketikan msconfig lalu tekan enter.
gambar cara untuk memunculkan/menjalankan windows system configuration (msconfig)

2. Atur Program Aplikasi yang dijalankan pada Startup Windows

Pada jendela System Configuration, anda dapat langsung mengatur sendiri program apa saja yang mau diaktifkan atau dinonaktifkan. Berikan tanda check jika ingin diaktifkan, dan hilangkan tanda check jika aplikasi tersebut tidak ingin diaktifkan / dijalankan saat startup. Untuk mempercepat startup windows, nonaktifkanlah program-program aplikasi yang kira-kira tidak anda pakai.
gambar dialog windows system configuration (msconfig) untuk startup windows

3. Simpan Konfigurasi

Untuk mencoba perubahan yang anda simpan pada sesi windows yang anda jalankan langsung tekan tombol Apply . Untuk menyimpan konfigurasi tekan tombol OK.
  • Biasanya ada program yang jarang anda pakai tetapi dijalankan pada saat startup, non aktifkan saja program aplikasi yang demikian.
  • Bila anda ingin mencoba, silahkan saja non aktifkan sebuah program lalu restart windows. Jika tidak ada masalah pada program yang biasa anda pakai, maka program aplikasi tersebut aman untuk dinonaktifkan dan biasanya baru akan diaktifkan secara otomatis ketika kita menjalankan program utamanya.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Konfigurasi Start up Program di Microsoft Windows. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.