Cara Mengatur Setting/Konfigurasi Mozilla Firefox agar Browsing Lebih Cepat

Oleh
Mozilla firefox merupakan web browser yang banyak digemari oleh pengguna internet. Anda dapat mengatur setting atau konfigurasi Mozilla untuk meningkatkan kecepatan akses ketika sedang melakukan browsing internet. Ketika melakukan setting konfigurasi mozilla, ada cara yang aman dan ada pula cara yang memerlukan perhatian / ketelitian serius.

Menonaktifkan popup window

Popup window kadang cukup mengganggu saat anda sedang melakukan browsing. Ketika membuka sebuah halaman web, tiba-tiba anda dikejutkan oleh popup window yang isinya tidak terlalu anda butuhkan. Untuk menonaktifkan popup window pada mozilla firefox anda dapat melakukan cara berikut :
Buka jendela konfigurasi Mozilla Firefox dengan cara pilih menu Tools ==> pilih Options. Pada jendela Options mozilla firefox, berikan tanda check jika anda ingin melakukan blokir terhadap popup windows, atau hilangkan tanda check bila anda ingin menampilkan popup window.
Cara Mengatur Setting/Konfigurasi Popup blocked Mozilla Firefox pada Jendela Options Mozilla FireFox
Meskipun demikian, popup window juga dipakai oleh website resmi seperti google. oleh karena itu bila anda sedang membutuhkan popup window (milik google misalnya), maka anda harus membiarkan website tertentu dapat memunculkan popup window. Caranya klik tombol exceptions yang ada disebelah kanan “block popup window”. Pada jendela dialog, perbolehkan google untuk dapat menampilkan popup window dengan cara ketik “google.com” lalu klik tombol allow.
Cara Mengatur Setting/Konfigurasi popup Mozilla Firefox agar ada pengecualian untuk website tertentu

Menonaktifkan Fasilitas Gambar

Terkadang halaman situs dipenuhi oleh gambar-gambar yang diantaranya merupakan iklan yang dipasang oleh pemilik situs. Semakin banyak dan besar ukuran gambar yang ada, akan semakin lama waktu download gambar-gambar tersebut. Cara untuk menonaktifkan / tidak menampilkan gambar-gambar tersebut mirip dengan cara mengatur popup window. TErlebih dahulu buka jendela konfigurasi Mozilla Firefox dengan cara pilih menu Tools ==> pilih Options. Pada jendela Options mozilla firefox, berikan tanda check jika anda ingin mozilla melakukan loading gambar otomatis, atau hilangkan tanda check bila anda tidak ingin mozilla menampilkan gambar secara otomatis. seperti halnya pengaturan popup window, anda juga dapat mengisikan situs-situs mana saja yang anda kehendaki tetap dapat menampilkan gambar. Sebab pada situs-situs tertentu rasanya kurang pas atau bahkan menjadi tidak berarti bila tidak bisa menampilkan gambar.

Mengatur langsung Konfigurasi Mozilla

Berikut cara untuk mengatur konfigurasi mozilla firefox di about:config :
  • Buka Browser Mozilla anda dan ketikkan about:config lalu enter.
  • Cari dan Ubah data-data seperti dibawah :
    • network.http.pipelining, ubah nilainya menjadi true
    • network.http.proxy.pipelining, ubah nilainya menjadi true
    • network.http.pipelining.maxrequests ubah nilainya menjadi 100 (isikan antara 30-100 semakin besar semakin cepat)
  • Selanjutnya klik kanan pada area kosong untuk menampilkan popup menu. Pilih New ==> Integer, isikan dengan nama nglayout.initialpaint.delay dan isi nilainya dengan 0.
Hati-hati ketika melakukan perubahan terhadap konfigurasi mozilla ini. Jangan merubah data yang lain bila anda tidak tahun kegunaannya, sebab akan dapat menyebabkan mozilla anda tidak berjalan dengan sempurna. Dan bila hal itu terjadi, kembalikan saja ke nilai konfigurasi awal mozilla sebelum dirubah. Bila anda tidak tahu / tidak bisa, lakukan saja instal ulang mozilla firefox. :)

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Setting/Konfigurasi Mozilla Firefox agar Browsing Lebih Cepat. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.