Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word

Oleh
Ukuran kertar merupakan hal yang penting saat membuat atau mengetik dokumen. Ada beberapa jenis kertas yang umum digunakan di Indonesia seperti kertas berukuran letter, folio / F4, A4, ataupun legal. Walaupun demikian kita masih bisa mengatur ukuran kertas sendiri (custom size) di Microsoft Word. Untuk mengatur ukuran kertas yang akan kita gunakan untuk membuat dokumen di Microsoft Word, kita dapat memanfaatkan dialog Page Setup yang disediakan. Untuk mengatur ukuran dan orientasi kertas di Microsoft Word 2007 kita dapat menggunakan langkah berikut.
  1. Klik menu ribbon Page Layout,
  2. Lalu klik tombol “kecil” untuk memunculkan Dialog Page Setup
  3. Gambar: tombol untuk menampilkan dialog Page Setup di Microsoft Word 2007
  4. Selanjutnya klik tab Paper. Pada kotak Paper Size Pilih ukuran kertas yang anda inginkan, misalkan A4, Folio (F4), Legal, Letter, atau yang lainnya. Bila ukuran kertas tidak ada di daftar dan anda ingin menggunakan ukuran kertas sendiri (custom size paper)maka ketikkan ukuran lebar kertas pada kotak Width dan tinggi kertas pada kotak Height.
  5. Saat anda mengetikkan ukuran yang baru di kotak Width dan Height, maka Microsoft Word akan langsung menganggap bahwa anda menggunakan ukuran khusus buatan sendiri (Custom Size Paper)
  6. Gambar: Dialog Page Setup di Microsoft Word 2007 untuk merubah orientasi menjadi landscape atau portrait, serta untuk merubah ukuran kertas menjadi A4, Folio/F4, Leer, Legal, dsb
  7. Selanjutnya klik tombol OK untuk menggunakan ukuran yang telah anda isikan.
  • Jika anda hanya merubah ukuran kertas saja (menjadi salah satu ukuran yang sudah disediakan, misal A4, Folio/F4, Letter, Legal, dsb) dan berlaku untuk seluruh dokumen maka pada ribon Page Layout gunakan saja tombol Size (lihat tombol yang sudah dikasih lihat lingkaran hijau pada gambar setelah poin 2) lalu klik ukuran kertas yang anda inginkan.
  • Meskipun demikian, penggunaan dialog page setup sangat diperlukan untuk merubah format halaman menjadi berbeda-beda dalam satu file dokumen

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.