Cara Mengatur Ukuran (Size) Font Tabel Ms Word dengan Cepat

Saat menggunakan tabel kadang kita menggunakan font yang berbeda ukurannya. Misalnya untuk judul kita menggunakan ukuran font 14 poin, isi utama tabel menggunakan ukuran 12 poin, sedangkan sub dari isi tabel menggunakan ukuran 10 poin. Bila kita ingin memperbesar atau memperkecil ukuran font tulisan di tabel dengan menjaga tampilannya agar tulisan judul tetap lebih besar daripada isi dan isi utama lebih besar dari subnya, maka cara terbaik adalah dengan menambah atau mengurangi semua ukuran font yang digunakan dalam tabel. Untuk memperbesar dan memperkecil ukuran (size) font di tabel sebagaimana cara tersebut, anda dapat menggunakan langkah berikut.
  1. Blok cell yang akan dirubah atau blok tabel secara keseluruhan bila ingin merubah semua cell
  2. Kemudian tekan tombol CTRL+[ untuk mengurangi ukuran font sebanyak satu poin. Bila terdapat font berukuran 14, 12, dan 11 poin maka ukuran tersebut akan dikurangi 1 point menjadi 13, 11 dan 10 point.
  3. Tekan tombol CTRL+] untuk menambah ukuran font sebanyak satu poin. Bila terdapat font berukuran 14, 12, dan 11 poin maka ukuran tersebut akan ditambah 1 poin menjadi 15, 13 dan 12 point.
  4. Atur ukuran font sesuai kehendak anda.
  • Anda bisa memperkecil ukuran tabel dengan cara mengurangi ukuran font seperti di atas.
  • Bila anda memperkecil ukuran font, pastikan bahwa teks atau tulisan di tabel masih bisa terbaca dengan baik oleh para calon pembaca laporan anda pada umumnya.