Cara Menggunakan Style pada Dokumen Microsoft Word

Penggunaan style di dalam dokumen bisa menjadi sangat penting. Salah satu keuntungan penggunaan style adalah mengurangi waktu editing. Ketika anda menggunakan style misalnya untuk penulisan sub judul. Bila ada sebuah format tulisan yang harus diganti maka anda tinggal mengganti format pada style tersebut. Ketika format style berubah maka semua tulisan sub judul yang menggunakan format style tersebut juga akan ikut berubah. Sehingga kita tidak perlu mengubah satu persatu tulisan yang ada dalam dokumen. Untuk menggunakan style dalam dokumen Microsoft Word anda bisa melakukan langkah berikut.
  1. Pilih teks, ketikan atau baris yang akan di ganti atau di atur style nya. Anda bisa memblok beberapa baris atau paragraf, atau hanya dengan menaruh kursor teks pada sebuah baris.
  2. Klik menu ribbon Home.
  3. Pada grup Styles, pilih salah satu dari style yang sudah disediakan oleh Microsoft Word.
    Gunakan style Title untuk judul ketikan, Heading 1 untuk judul sub bab, Heading 2 untuk sub sub bab, dan seterusnya.
  4. Lakukan untuk semua baris dan tulisan yang anda anggap perlu untuk diubah jenis style pada teks atau baris yang ada
Gambar: Cara menggunakan style bawaan atau standar yang telah disediakan di Microsoft Word 2007
  • Anda bisa menggunakan keyboard shortcut untuk merubah style sebuah baris atau tulisan untuk menjadi Heading 1 dengan menekan tombol CLTR+ALT+1, menjadi Heading 2 dengan tombol CTRL+ALT+2 dan membuat Heading 3 dengan tombol CTRL+ALT+3.
  • Biasakan tulisan untuk isi atau narasi dokumen menggunakan style Normal, yang bisa diaktifkan dengan menekan tombol shortcut CTRL+SHIFT+N
  • Biasakan menggunakan style Heading 1, 2 dan 3 untuk membuat Sub bab ataupun turunannya. Dengan menggunakan style tersebut anda akan menjadi lebih mudah untuk mengedit ataupun membuat Daftar isi (Table of Content) dari dokumen yang sedang anda buat.