Cara Mudah Membuat Nomor Halaman dengan Nomor Bab di Ms Word

Oleh
Ketika membuat laporan kerja praktek / PKL, skripsi, ataupun thesis kita membutuhkan penomoran halaman dengan mengikutsertakan nomor Bab. Kelebihan penggunaan nomor halaman dengan menggunakan nomor bab adalah kita bisa menghemat pencetakan ulang dokumen bila terjadi kesalahan. Misalkan terjadi kesalahan pada bab II, maka hanya bab II saja yang kita ubah, bab yang lain tetap. Tetapi bila kita menggunakan penomoran urut, bila Bab II berubah, maka bab III, IV dan seterusnya kan ikut berubah dan harus kita cetak ulang. Cara membuat penomoran halaman di setiap versi Microsoft Word belum tentu sama, meskipun demikian semuanya memiliki konsep yang sama, yakni penggunaan field. Untuk pembuatan nomor halaman dengan nomor Bab di Microsoft 2007 dapat digunakan langkah-langkah berikut.
  1. Klik tab menu Insert.
  2. Klik tombol Page Number
  3. Lalu klik item Bottom of page untuk menyisipkan nomor halaman di bagian bawah halaman. Bila anda ingin menyisipkan nomor halaman di bagian atas halaman maka anda harus memilih Top Of Page
  4. Kemudian pilih bentuk plain number 2 untuk menyisipkan nomor halaman di tengah-tengah. Bila anda ingin menyisipkan nomor halaman di bagian kiri, pilih plain number 1, bila ingin menyisipkan nomor di bagian kanan pilih plain number 3. Bila langsung anda klik, nomor halaman akan otomatis disisipkan dibagian bawah halaman dengan posisi ditengah-tengah (center).
  5. gambar contoh cara mudah membuat nomor halaman (page number) di Microsoft Word 2007
  6. Selanjutnya, kita masuk dalam mode pengeditan header dan footer. Jika anda belum masuk ke dalam mode pengeditan header dan footer, klik ganda (double click) saja pada nomor halaman yang baru anda buat tadi.
  7. Misalkan kita sedang mengedit bab II, maka sebelum teks nomor nomor halaman, kita tambahkan “II -”, sehingga akan tampak menjadi II-1. Ingat angka satu tersebut bukan teks biasa, tetapi merupakan sebuah field. oleh karena itu angka tersebut jangan dihapus atau diganti dengan angka 1 biasa. ;)
  8. Selanjutnya pada Ribbon Header & Footer Tools, klik tombol close header and footer untuk menutup pengeditan header dan footer serta kembali mengedit isi dokumen laporan kita.
Kita bisa juga membuat otomatis nomor Bab dengan menggunakan multilevel numbering, tetapi hal tersebut terlalu memakan waktu. Bila anda ingin yang mudah, Nomor Bab tersebut langsung saja diketik. Tetapi anda harus ingat bahwa setiap bab perlu nomor yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan sedikit lebih banyak ketelitian.
Lihat juga bagaimana cara membuat nomor yang cantik.

Terima kasih telah membaca Cara Mudah Membuat Nomor Halaman dengan Nomor Bab di Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.