Cara Mudah Mengatur Ukuran Gambar / Photo di Ms Word

Oleh
Kata orang, sebuah gambar bisa bercerita dengan sejuta kata, sehingga tidak jarang orang juga memasukkan gambar atau foto ke dalam dokumen mereka. Setelah menyisipkan gambar dalam dokumen, anda perlu untuk mengatur ukuran gambar tersebut agar sesuai dengan tujuannya. Untuk mengatur ukuran gambar dengan mudah di Microsoft Word anda dapat menggunakan langkah berikut.

Sisipkan dan Pilih gambar yang akan di ubah ukurannya

Sisipkan dahulu gambar yang akan anda gunakan dalam dokumen. Lalu pilih atau klik gambar tersebut untuk memilihnya sehingga akan muncul titik bantu untuk gambar tersebut.
Gambar: Contoh gambar koala yang telah dipilih, dengan tambahan alat bantu untuk drag garis

1. Cara Memperkecil dan Memperbesar dengan menjaga Aspect Ratio

Maksudnya Menjaga Aspect Ratio adalah ketika anda memperbesar atau memperkecil gambar maka perbandingan lebar dan tinggi gambar akan tetap. Sebagai contoh, jika anda punya foto atau gambar ukuran 4 x 6 cm, maka anda dapat memperbesarnya menjadi 8 x 12 cm, 12 x 18 cm, dan seterusnya, sedangkan jika gambar atau foto tersebut diperkecil misalnya menjadi 2 x 3 cm. Lihat bahwa semua ukuran memakai 2 : 3, dimana untuk setiap 2 satuan untuk lebar , maka gambar akan memiliki 3 satuan untuk panjang.
Untuk merubah gambar dengan menjaga aspect ratio anda harus memperbesar dengan cara klik lalu drag ke arah dalam atau ke arah luar salah satu dari empat sudut gambar tersebut (ditunjukkan dengan garis panah warna merah)

2. Cara Memperkecil dan Memperbesar Lebar Gambar / Foto

Untuk memperlebar dan mempersempit lebar gambar / foto, anda dapat melakukannya dengan cara klik lalu drag titik yang berada ditengah yang terletak disebelah kanan atau kiri gambar atau foto (lihat garis panah warna hijau pada gambar)

3. Cara Memperkecil dan Memperbesar Tinggi Gambar / Foto

Untuk mempertinggi dan memperpendek tinggi gambar atau foto, anda dapat melakukannya dengan cara klik lalu drag titik yang berada ditengah yang terletak disebelah atas atau bawah gambar atau foto (lihat garis panah warna biru pada gambar)

Cara mudah mengatur gambar ini sangat cepat dan efektif terutama jika menyangkut tampilan. Jika anda mau mengatur ukuran lebih presisi, misalkan anda ingin mencetak pas photo ukuran 3 cm x 4 cm, maka anda dapat menggunakan cara mengatur gambar atau foto yang lebih tepat (presisisi) melalui Dialog Size.

Terima kasih telah membaca Cara Mudah Mengatur Ukuran Gambar / Photo di Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.