Cara Memakai Fungsi VLOOKUP Lebih Rinci

Oleh
Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari sebuah nilai dalam tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan baris yang sama. Nilai tersebut dicari pada kolom pertama sedangkan nilai yang dikembalikan atau diberikan berasal dari kolom lain pada baris yang sama.

 

Sintaks pemakaian VLOOKUP

VLOOKUP(nilai_kunci,tabel_array, indeks_kolom,Mode_pencarian)

 

Nilai_kunci

Merupakan nilai yang akan dicari pada kolom pertama dari tabel_array. Nilai_kunci bisa berupa konstanta seperti bilangan /angka( misal 1, 3, 7.5, ), logika (true, false) string (misal "satu", "tumpuk.com"), ataupun referensi (misal C4, $D5, $E$6).
Kenapa Nilai VLOOKUP bisa menghasilkan #NA ? Karena nilai_kunci yang dicari dalam kolom pertama tabel_array tidak ditemukan.

 

tabel_array

merupakan sekumpulan data yang terdiri dari dua kolom atau lebih. Biasanya menggunakan referensi ke range atau nama range. Kolom pertama dari tabel_array merupakan nilai yang akan dicari dengan menggunakan nilai_kunci. Nilai tersebut dapat berupa bilangan/angka, teks ataupun logika. Bila nilai berupa teks, maka huruf kecil dan huruf besar tidak dibedakan alias dianggap sama, misal "a" akan dianggap sebagai "A", begitu juga sebaliknya.

 

Indeks_kolom

merupakan nomor kolom dalam tabel_array dimana nilai yang dicari akan dikembalikan. Angka 1 akan menunjuk pada kolom pertama, angka 2 merujuk pada kolom 2, angka 3 merujuk pada kolom 3, dan seterusnya. Bila indeks kolom bernilai 5 dan nilai_kunci ditemukan pada baris 7 (di kolom 1) , maka nilai yang dikembalikan atau diberikan oleh fungsi VLOOKUP adalah nilai yang ada pada baris 7 kolom ke 5.
Kenapa VLOOKUP memberikan nilai error #VALUE ? karena nilai indeks_kolom kurang dari 1
Kenapa VLOOKUP memberikan nilai error #Ref ? Karena nilai indeks_kolom lebih besar dari jumlah kolom yang ada dalam tabel_array.

 

Mode_pencarian

Mode_Pencarian menentukan bagaimana cara pencarian nilai_kunci pada kolom pertama tabel_array.
  • Bila Mode_Pencarian bernilai FALSE atau tidak diisikan (dianggap FALSE), maka pencarian nilai_kunci pada kolom pertama tabel_array dilakukan dengan cara mendapatkan nilai yang persis sama.
  • Bila Mode_Pencarian bernilai TRUE atau ada nilainya (bukan FALSE), maka mode pencarian dilakukan dengan cara menentukan nilai yang persis sama atau mendekati. Bila menggunakan pencarian dengan mode ini sebaiknya data yang ada kolom pertama sudah diurutkan terlebih dahulu.
    Mendekati bukan berarti nilainya paling dekat, tetapi nilainya minimal melebihi dari nilai yang dicapai sebelumnya. Misalkan pada kolom pertama berisi angka 1, 10, 5000, 10000. Bila Nilai_kunci adalah 4000, maka nilai yang dikembalikan bukan yang berada pada baris yang sama dengan angka 5000, tapi justru pada baris yang sama dengan angka 10. Logikanya, 4000 lebih dari 10, tetapi 4000 belum lebih dari 5000.

 

Tips Cara Memakai Fungsi VLOOKUP Lebih Rinci

Bila kolom pertama berisi teks, maka pastikan bahwa tidak ada spasi yang "tidak tepat". Sebab teks "KATA " (dengan spasi di akhir) akan dianggap berbeda dengan "KATA" (tanpa spasi). Hal ini kadang membuat kita susah mencari dimana kesalahan tersebut terjadi karena dilayar akan tampak seperti sama. Untuk mengatasinya anda dapat gunakan tanda kurung "(" dan ")" sehingga akan terlihat perbedaan antara "(KATA )" dengan "(KATA)". Selain menggunakan tanda kurung tersebut, anda bisa juga menggunakan fungsi TRIM atau CLEAN untuk menghilangkan spasi tersebut.

Terima kasih telah membaca Cara Memakai Fungsi VLOOKUP Lebih Rinci. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.