Cara Membuat Grafik di Excel

Oleh
Microsoft Excel menyediakan fasilitas pembuatan grafik yang bisa kita gunakan dengan data kita. Grafik atau chart akan mempermudah menganalisa data yang ada.Dengan membuat chart atau grafik dengan microsoft excel selanjutnya kita bisa menaruhnya pada naskah dokumen kita di microsoft word ataupun power point, atau mungkin ingin dibuat format PDF nya.

Secara umum pembuatan grafik / chart di microsoft excel berada pada grup Chart yang ada di ribbon insert. Ada tiga jenis grafik yang umum dibuat: Grafik kolom (Batang vertikal), Grafik Bar (Batang horizontal) dan grafik garis (line).

 

Gambar: contoh grafik Batang (Clustered Column 3D)

Grafik Column (Batang vertikal)

Grafik Column (Batang Vertikal) memberikan tampilan yang bagus jika series data yang akan ditampilkan hanya sedikit, misalkan hanya beberapa tahun.Ada banyak bentuk grafik column yang disediakan di Microsoft Excel seperti : batang /balok, silinder (tabung), kerucut, dan piramid. Kerucut dan piramid bisa berupa tampilan tidak penuh alias dipotong.
Gambar: contoh grafik Batang (Clustered Column 3D)

Grafik Bar (Batang horizontal)

Grafik Bar seperti grafik column (batang vertikal) hanya saja tampilan grafik bar berbentuk horizontal. Grafik bar memberikan tampilan yang bagus jika series data yang akan ditampilkan hanya sedikit, misalkan hanya beberapa tahun tetapi jumlah series yang ada sangat banyak. sehingga nanti tampilannya akan dibuat ke arah bawah. Ada banyak bentuk grafik column yang disediakan di Microsoft Excel seperti : batang /balok, silinder (tabung), kerucut, dan piramid. Kerucut dan piramid bisa berupa tampilan tidak penuh alias dipotong.
Gambar: Contoh Grafik Garis

Grafik Garis

Meskipun grafik garis bisa digunakan untuk menggambarkan pola jangka pendek, tetapi justru kelebihan grafik garis adalah untuk menggambarkan atau menerangkan pola jangka panjang. Misalkan anda memiliki data series berupa perumbuhan ekonomi Indonesia 40 tahun, maka akan lebih bagus jika memnggunakan grafik garis. apalagi jika data tersebut disandingkan dengan data lain , misalkan data pertumbuhan tenaga kerja.

 

Memilih Jenis Grafik

Dengan mengetahui kelebihan masing-masing tersebut bentuk grafik manakah yang akan anda buat? Bila jenis grafik yang anda pilih kurang berkenan, anda masih bisa mengganti atau merubah jenis grafik (chart type) secara langsung tanpa perlu mengulangi proses pembuatan grafik dari awal. Selain itu anda juga dapat menggabungkan grafik berbentuk balok, silinder, kerucut, ataupun piramid dalam satu buah grafik (chart).

 

Mengedit Tampilan Grafik

Setelah membuat grafik anda perlu memperbaiki tampilan. ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan grafik yang sudah anda buat, seperti :

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Grafik di Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.