Cara Menggabungkan Beberapa Grafik Batang, Silinder, Piramida dan Kerucut di Ms Excel

Oleh
Bila kita biasanya hanya membuat sebuah chart/grafik yang terdiri dari beberapa series ditampilkan serupa, misalkan dalam bentuk grafik Batang (Box) semua, atau bentuk silinder (cylinder) semua, atau Piramida (pyramid) semua, atau bentuk kerucut (Cone) semua maka sebenarnya kita bisa menggabungkan dua, tiga, atau bahkan keempat bentuk tersebut. Dengan penggabungan beberapa atau berbagai bentuk shape grafik tentu chart kita akan menjadi lebih berbeda dan lebih menarik. Keunggulan ini bisa kita gabungkan dengan editing chart yang lain seperti pengaturan warna series chart/grafik ataupun pemberian label nilai pada series chart/grafik.
 
Keuntungan menggunakan gabungan beberapa shape / bentuk chart grafik tersebut di dalam satu gambar chart grafik diantaranya adalah pada saat pencetakan grafik tersebut. Meskipun warnanya terlihat serupa karena hanya menggunakan tinta hitam, tetapi karena bentuk grafiknya yang berbeda maka pembaca akan dengan cepat mengetahui perbedaan dari setiap series. Untuk menggabungkan beberapa bentuk chart/grafik box (Batang), grafik silinder (cylinder), grafik Piramida (pyramid), atau grafik kerucut (Cone) anda dapat melakukannya dengan langkah berikut :
  1. Buat terlebih dahulu chart/grafik dari data yang anda miliki. Anda dapat melihatnya pada cara pembuatan grafik batang(column), grafik bar, grafik silinder, grafik piramid, grafik kerucut atau grafik garis.
  2. Gambar: Menggabungkan beberapa bentuk shape grafik dalam satu chart grafik. Langkah 1 : Grafik yang akan menggunakan gabungan beberapa bentuk grafik

  3. Selanjutnya klik kanan pada salah satu series yang akan diubah, misalkan pada grafik batang warna biru
  4. Kemudian pilih item format data series
  5. Gambar: Menggabungkan beberapa bentuk shape grafik dalam satu chart grafik. Langkah 2 : Menampilkan dialog Format Data Series

  6. Pada dialog Format Data Series, pilih item Shape dari daftar Series Options yang ada di panel bagian kiri
  7. Selanjutnya pilih salah satu jenis custom shape untuk series tersebut, misalkan pilih Full Cone
  8. Gambar: Menggabungkan beberapa bentuk shape grafik dalam satu chart grafik. Langkah 3 : Merubah bentuk shape dari sebuah series menjadi Kerucut (Full Cone), Silinder (Cylinder), dan Piramida Parsial (Partial Pyramid)

  9. Klik series yang lain lalu ulangi kembali proses pemilihan custom shape. Misalkan untuk series yang warna merah kita memilih menggunakan bentuk custom shape silinder (Cylinder), sedangkan untuk yang warna hijau kita memilih memakai bentuk shape Piramida Parsial (Partial Pyramid).
  10. Klik tombol Close
  11. Chart/Grafik telah berubah sesuai dengan pilihan shape tadi

Gambar: Menggabungkan beberapa bentuk shape grafik dalam satu chart grafik. Langkah 4 : Hasil penggunaan beberapa shape grafik dalam satu gambar chart grafik

Tips Cara Menampilkan Angka/Nilai Label di Grafik/Chart Ms Excel

  • Jika series anda banyak, gunakanlah gabungan bentuk shape chart/grafik tersebut dengan efisien dan efektif agar pembaca mudah untuk mengerti maksud chart grafik tersebut, misalkan dengan juga pemilihan warna untuk masing-masing series chart grafik yang tepat.
  • Untuk grafik garis anda harus merubah type grafiknya terlebih dahulu ke dalam bentuk / format grafik batang (Column)

Terima kasih telah membaca Cara Menggabungkan Beberapa Grafik Batang, Silinder, Piramida dan Kerucut di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.