Cara Mengubah Tulisan Dari Kecil ke Besar di Ms Word

Saat mengetik naskah dokumen seringkali kita membutuhkan huruf kecil, huruf besar (kapital) ataupun gabungan huruf kecil dan besar (kapital). Sehingga tidak jarang saat mengetik kita ternyata salah mememencet tombol CAPSLOCK padahal kita ingin menekan tombol SHIFT. Parahnya lagi, kita sering tidak melihat ke layar, sehingga huruf yang seharusnya menggunakan huruf kecil malah menggunakan huruf besar. sebaliknya, huruf yang seharusnya huruf besar malah jadinya huruf kecil. Karena tidak tahu, kita biasanya menghapus rangakaian kata atau kalimat tersebut dan mulai mengetik baru. Sayang sekali, waktu kita menjadi terbuang percuma karena kesalahan mengetik huruf kecil dan besar.Padahal bila anda tahu, sebenarnya microsoft menyediakan fasilitas untuk memperbaiki kesalahan tersebut dengan cepat. Cara untuk mengubah huruf kecil ke besar di Microsoft Word dapat anda ikuti langkah berikut :

  1. Blok teks atau ketikan yang salah tadi
  2. tekan tombol SHIFT+F3
  3. perhatikan, tulisan akan berubah ketika anda menekan tombol tersebut
  4. bila format yang anda lihat belum sesuai, tekan tombol SHIFT+F3 lagi
  5. bila telah sesuai hilangkan blok dari teks tersebut

 
Bila anda masih belum puas dengan tulisan tersebut, anda bisa menggunakan fasilitas change case. Berikut cara penggunaan change case

  1. blok teks atau ketikan yang akan diubah huruf kecil/besar nya
  2. klik ribbon Home
  3. Pilih toolbar Change case yang ada di grup font
  4. Gambar: Cara merubah huruf kecil ke besar di ms word

  5. Pilih salah satu bentuk yang kalimat yang anda inginkan.
  6. Jangan lupa setelah selesai untuk hilangkan blok teks dari tulisan tadi

 

Tips Cara Mengubah Tulisan Dari Kecil ke Besar di Microsoft Word

  • Bila anda telah menekan tombol SHIFT+F3 maka tulisan akan berubah bentuk menjadi huruf besar (kapital) semua, huruf kecil semua, atau huruf besar(kapital) di setiap awal kata yang ada.
  • Bila anda telah menekan tombol tetapi tulisan masih tidak mau berubah-ubah, pastikan anda membuat blok tulisan tidak melebihi satu baris. jika blok tulisan dua baris atau lebih maka hanya ditampilkan huruf besar semua atau huruf kecil semua.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *