Cara Menjumlahkan Nilai dengan Syarat/Kriteria Tertentu (SUMIF) di Ms Excel

Penjumlahan adalah hal yang biasa kita lakukan di Microsoft Excel. Akan tetapi bagaimana bila kita ingin menjumlahkan hanya angka yang memiliki nilai tertentu, misalkan hanya untuk yang memiliki nilai di atas 10? Untuk melakukan penjumlahan tersebut kita bisa menggunakan rumus SUMIF. Secara umum formula SUMIF memiliki bentuk sebagai berikut : =SUMIF( range, kriteria, [sumrange]) Range adalah range sel yang akan kita jumlahkan sedangkan kriteria adalah syarat atau kriteria yang akan digunakan ketika melakukan penjumlahan. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut :

Gambar: Cara melakukan penjumlahan dengan syarat/kriteria di Microsoft Excel dengan mengetik rumus SUMIF

 

  1. Letakan posisi kursor pada tempat hasil penjumlahan akan diletakkan
  2. Ketik =SUMIF(C5:C9, untuk menjumlahkan angka yang ada pada sel C5 hingga C9
  3. Kemudian ketikkan ",>10" untuk memberikan syarat atau kriteria bahwa angka yang akan dijumlahkan adalah nilai-nilai yang lebih besar dari 10
  4. Lengkapi rumus tersebut sehingga menjadi =SUMIF(C5:C9,">10")
  5. Tekan tombol ENTER
  6. Hasil penjumlahan akan segera ditampilkan, berupa nilai 29 ( hasil penjualan john =18, ditambah hasil penjualan andi=11)

 

Tips Menjumlahkan Angka dengan Microsoft Excel

  • Bila microsoft excel menolak rumus tersebut karena "," (koma, maka separator yang digunakan oleh komputer anda kemungkinan adalah ";" (titik koma)
  • Setelah penjumlahan dilakukan anda bisa melakukan proses copy/paste terhadap baris atau kolom lain yang serupa. Pada contoh di atas, anda lanjutkan dengan copy/paste untuk kolom kulkas, mesin cuci, dst.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar