Cara Menukar(Swap) Data Baris dan Kolom Grafik/Chart Ms Excel

Oleh
Saat membuat grafik berdasarkan data yang kita miliki ternyata kita menemukan bahwa tampilannnya tidak seperti yang kita bayangkan. Seakan-akan kita terbalik mengisikan data baris dan kolomnya sehingga tampilan grafik pun terbalik. Misalkan data series pada grafik/chart dikelompokkan oleh microsoft Excel berdasarkan tahun, tetapi kita ingin data tersebut dikelompokkan berdasarkan penjualan barang. Microsoft excel memberikan kita kemudahan agar kita bisa melakukan pertukaran (swap/switch) antara kolom dengan baris pada data chart.

Gambar:  Contoh chart/grafik microsoft excel yang akan di balik sumber data row / kolomnya

Pada contoh di atas series data chart dikelompokkan berdasarkan tahun, dimana pada setiap kelompok tahun terdiri atas barang baju A, B dan C. Misal yang kita ingin justru sebaliknya, agar series data grafik tersebut ditampilkan dalam bentuk kelompok barang, dimana masing-masing barang terdiri atas tahun 2008-2011. Dengan kata lain, kita harus membalik atau menukar (swap) antara data kolom dan baris. Pembalikan atau penukaran (swap) data baris dan kolom tersebut tidak poerlu kita lakukan pada tabel sumber, tetapi cukup pada grafiknya saja
 
Untuk membalik (switch) series data kolom menjadi baris dan baris menjadi kolom kita bisa melakukannya dengan langkah berikut :
  1. Klik chart/grafik yang akan dibalik sumber datanya
  2. Klik ribbon design
  3. Lalu klik tombol Switch Row/Column
  4. Data grafik anda akan dibalik , yang tadi ada di sumbu X akan pindah ke sumbu Y, sebaliknya yang tadi di sumbu y akan dipindah ke sumbu X.
  5. Gambar:  cara membalik / swap data chart//grafik microsoft excel

  6. Bila anda ragu akan tampilan tersebut, klik kembali tombol Switch Row/Column. Data akan kembali di swap antara kolom dengan baris.

Gambar:  Contoh chart/grafik microsoft excel yang di balik sumber data row / kolomnya

Tips Cara Menampilkan Tabel Data Di Bawah Chart/Grafik Ms Excel

Dengan membalik data yang tercantum di dalam sel sumber data microsoft excel belum tentu akan membantu anda untuk membalik sumber data grafik tersebut. Oleh karena itu sebaiknya pembalikan atau penukaran data tersebut hanya di grafiknya saja.

Terima kasih telah membaca Cara Menukar(Swap) Data Baris dan Kolom Grafik/Chart Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.