Cara Praktis Menambah Halaman Kosong (Blank) dengan Cepat di Ms Word

Oleh
Saat mengetik berbaris-baris kalimat dan paragraf kadang kita ingin menambah paragraf baru di halaman yang baru juga. Atau mungkin kita butuh untuk memulai bab baru / berikutnya sehingga perlu mengetik apda halaman yang baru. Biasanya kita menekan tombol enter berkali-kali hingga kursor teks sampai ke halaman yang baru. Tidak ada yang salah dengan cara ini, tetapi cara ini kurang praktis dan kurang tepat jika anda benar-benar ingin berada di halaman baru karena ketika ada perubahan di bagian atas (awal) maka tulisan Bab yang seharusnya di awal halaman bisa saja bergeser ke atas atau ke bawah halaman sehinga tulisan judul bab tersebut berubah posisi menjadi di tengah-tengah atau di bagian bawah halaman. Cara yang paling tepat untuk menambah halaman baru untuk kasus diatas adalah dengan menggunakan Insert Page Break. Cara selengkapnya sebagai berikut:
  1. Pilih posisi kursor teks ke lokasi yang akan di break untuk pindah ke halaman baru
  2. Tekan tombol ALT+I lalu tekan tombol B
  3. Pada dialog Break yang muncul pastikan opsi yang dipilih adalah Page Break (default)
  4. Kemudian tekan tombol OK.
  5. Teks mulai dari posisi kursor teks akan pindah ke halaman baru
Cara yang paling cepat daripada menggunakan dialog Break tersebut adalah dengan menekan tombol CTRL+ENTER. Penggunaan keyboard shortcut CTRL+ENTER akan menggantikan langkah 2- 5 di atas.

Tips Cara Praktis Menambah Halaman Baru dengan Cepat

Penggunaan Insert Page Break seperti contoh di atas adalah untuk menambah halaman baru pada section yang sama sehingga format kertas dan halaman akan sama dengan halaman sebelumnya. Jika anda menginginkan format kertas atau halaman berbeda dari halaman sebelumnya maka pada saat menampilkan dialog Break pilih opsi Section Break Types kemudian pilih opsi Next Page(lihat langkah 3).

Terima kasih telah membaca Cara Praktis Menambah Halaman Kosong (Blank) dengan Cepat di Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.