Trik Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di Microsoft Word

Oleh
Anda tentu sering melakukan pencarian dan penggantian dengan menggunakan fasilitas Find and Replace. Untuk persiapan memulai pencarian kata anda bisa menggunakan tombol CTRL+F, sedangkan untuk menggantikan kata atau kalimat anda bisa menggunakan shortcut CTRL+H. Perbedaan mencolok keduanya terletak pada kotak Replace with yang ada untuk penggantian (pada pencarian / Find kotak tersebut tidak ditampilkan). Saya memiliki beberapa tips dan trik untuk melakukan proses pencarian dan penggantian kata yang bisa anda gunakan.

 

Menggunakan Bantuan Spasi

Spasi bisa cukup membantu kita. Contoh : "beda " (Dengan spasi), maka anda akan menemukan dan/atau mengganti kata tersebut dengan "sama ". Dengan demikian kata "berbeda" akan berubah menjadi "bersama" akan tetapi "dibedah" tidak akan berubah menjadi "disama".

 

Menggunakan eksak / Match Case

Dengan menggnuakan Match Case anda hanya akan menemukan atau mengganti karakter yang benar-benar sama (termasuk bentuk penulisan huruf kecil/kapital). Misal menggunakan kata "Awal" diganti dengan "Mulai. Selanjutnya "awal" diganti dengan "mulai". Sehingga bila ada kata "Awal" yang muncul di awal kalimat tidak akan terganggu huruf kapitalnya

 

Menggunakan wildcard

Dengan menggunakan wildcard anda bisa menemukan pencarian dari sebuah kata / kalimat. Misal anda akan menggunakan "di?????kan" diganti dengan "tercantum". Maka kata-kata seperti "diletakkan", "disebutkan", "diadakan", dan sejenisnya akan diganti dengan kata "tercantum".

 

Mencari keseluruhan kata tertentu (whole words)

Pencarian ini digunakan jika anda ingin mencari sebuah kata yang benar-benar utuh tidak ada imbuhan. Misalkan anda ingin mencari kata "beda" diganti dengan "sama". Maka yang anda temukan dan gantikan adalah kata "beda" yang berdiri sendiri, kata-kata seperti "berbeda", "dibedakan", "bedah" dan sejenisnya akan diabaikan.

 

Gabungan Metode Pencarian

Silahkan gunakan kreasi dan improvisasi anda dengan menggabungkan ke empat buah trik pencarian di atas untuk mempercepat dan meningkatkan kearutan anda dalam melakukan pencarian dan penggantian kata / kalimat. :)

Tips Trik Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di Microsoft Word

Untuk bisa mengakses Match Case, wild card ataupun whole words, anda bisa klik tombol "More" yang ada pada dialog Find and Replace.

Terima kasih telah membaca Trik Mencari atau Mengganti Kata dan Kalimat di Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.