Cara Menampilkan-Menyembunyikan Struktur Dokumen(Map) di Ms Word

Microsoft word memiliki fasilitas untuk navigasi antar halaman dokumen dengan cepat melalui Thumbnails ataupun dalam bentuk struktur seperti Document Map (peta). Bila thumbnails menampilkan gambar kecil untuk setiap halaman, sedangkan Document Map akan menampilkan dokumen dalam bentuk struktur yang dibangun berdasarkan Judul dan Sub judul yang memiliki level yang bertingkat/berjenjang. Dengan menggunakan document map anda akan melihat seakan-akan sebuah daftar isi tetapi tanpa nomor halaman. Bila anda klik sebuah judul atau sub judul tersebut maka microsoft word akan langsung menampilkan sub bab/sub judul yang dimaksud. Untuk menggunakan navigasi document map anda harus memunculkan fasilitas tersebut dengan langkah berikut:
  1. Klik ribbon View
  2. Pada grup Show/Hide berikan tanda check pada item Document Map untuk menampilkan peta dokumen (document map), atau hilangkan tanda check untuk menyembunyikan document map.
  3. Peta dokumen (document map) akan muncul/hilang pada panel di sebelah kiri jendela microsoft word sesuai dengan tanda check yang anda berikan.

Gambar:Cara menampilkan struktur dokumen (document map) di microsoft word

Tips Cara Menampilkan/Menyembunyikan Struktur Dokumen(Map) di Ms Word

  • Untuk berpindah antar halaman atau menuju sebuah halaman tertentu, klik pada salah satu judul atau sub judul bab yang ada di panel sebelah kiri jendela microsoft word tersebut.
  • Untuk dapat menggunakan dokumen map, judul dan sub judul yang anda gunakan harus memiliki level 1, 2, 3, dst, bukan hanya sekedar huruf yang lebih besar atau lebih tebal. Untuk mempermudahnya, anda bisa menggunakan syle Heading 1, Heading 2, Heading 3, Heading 4, dst.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar