Cara Merubah Keterangan Dokumen Ms Word dari Windows Explorer

Keterangan dokumen seperti nama pembuat (author), judul dokumen, komentar, status dan lain sebagainya penting untuk diberikan pada sebuah dokumen. Selain penggantian informasi atau keterangan dokumen melalui microsoft word kita juga bisa langsung menggantinya pada jendela windows explorer. Dengan mengganti melalui window explorer waktu akan lebih hemat karena kita tidak perlu membuka/menjalankan dan menunggu microsoft word benar-benar siap untuk digunakan.

Untuk mengganti informasi atau keterangan dokumen dari window explorer (windows seven) anda dapat menggunakan langkah berikut :

  1. Klik dokumen yang akan diubah informasi / keterangannya.
  2. Arahkan kursor mouse pada isi item yang akan diganti, lalu klik isi atau nilai yang ada pada kotak editor, misalkan yang akan kita ubah adalah isi komentar dokumen
  3. Ganti atau isikan nilai yang baru dalam kotak tersebut
  4. lakukan hal yang sama untuk item-item yang akan diubah
  5. bila proses pengeditan telah selesai klik tombol Save
  6. Keterangan dokumen akan diganti dengan yang baru
 

Bila cara tersebut tidak bisa anda gunakan (mungkin karena perbedaan versi windows), maka anda bisa mencoba menggantinya melalui jendela properties file, dengan langkah berikut:

  1. Klik kanan pada file yang akan diganti keterangannya
  2. Pilih item Properties
  3. Pada dialog file properties, klik tab Details
  4. Arahkan kursor mouse pada isi item yang akan diganti, lalu klik isi atau nilai yang ada pada kotak editor, misalkan yang akan kita ubah adalah isi komentar dokumen
  5. Ganti atau isikan nilai yang baru dalam kotak tersebut
  6. lakukan hal yang sama untuk item-item yang akan diubah
  7. bila proses pengeditan telah selesai klik tombol OK
  8. Keterangan dokumen akan diganti dengan yang baru
 

Tips Cara Merubah Keterangan Dokumen Ms Word dari Windows Explorer

Sebelum menyimpan data / informasi / keterangan yang baru dari dokumen microsoft word tersebut, pastikan tidak ada aplikasi/program seperti microsoft word ataupun antivirus, yang sedang membuka file tersebut. Sebab bila terjadi (sedang dibuka oleh aplikasi), maka proses penyimpanan akan gagal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar