Cara Membuat Diagram Pie(Kue) di Ms Excel

Oleh
Diagram Pie dapat membantu kita menerangkan data yang akan kita tampilkan khususnya mengenai komposisi dan kontribusi dari komponen/elemen yang ada. Dengan tampilan potongan dari pie (kue) kita bisa melihat secara visual bagian mana yang memiliki kontribusi terbesar hingga terkecil. Contoh pemakaian diagram pie diantaranya digunakan untuk memperlihatkan jumlah penduduk per kecamatan/kota, Kompoisisi Sektor Pembentuk PDRB dari sebuah kabupaten/Kota/Provinsi, Nilai ujian dari suatu kelas, Penjualan beberapa kategori barang, dan masih banyak lagi. Bentuk diagram Pie dapat berupa bentuk dua dimensi seperti bentuk lingkaran dengan garis pemotong, atau pun bentuk 3 dimensi seperti bentuk kue bolu atau taart. Sementara itu, tampilan potongan dari kue pie tersebut dapat berupa garis yang menandakan hasil pemotongan, ataupun potongan tersebut bisa dipecah/dikeluarkan.  

Gambar: Contoh diagram Pie 3 dimensi di Microsoft Excel

Pembuatan diagram Pie tidak jauh berbeda dengan membuat grafik garis atau grafik batang. Anda hanya tinggal memilih data lalu microsoft exel akan membuat diagram secara otomatis untuk anda. Berikut langkah yang dapat anda gunakan untuk membuat sebuah diagram Pie di Microsoft Excel.
  1. Bila belum ada, ketik data yang akan dibuat diagram Pie nya
  2. Pilih dan blok data tersebut
  3. Selanjutnya klik ribbon Insert
  4. Pada grup Charts klik tombol Pie
  5. Anda akan diberikan pilihan untuk membuat diagram Pie 2 dimensi atau 3 dimensi. Pilih Salah satu jenis diagram tersebut, misalkan Exploded Pie in 3-D untuk membuat Pie 3-D dengan potongan "Kue" yang dipisahkan.
  6. Sebuah diagram Pie akan disisipkan ke dalam worksheet microsoft excel
 

Gambar: Cara membuat diagram Pie 3 dimensi di Microsoft Excel

Tips Cara Membuat Diagram Pie(Kue) di Microsoft Excel

Setelah diagram pie disisipkan anda bisa memanipulasi diagram tersebut seperti merubah judul (titel) diagram, penampilan label baik jumlah maupun persentase, legend, warna potongan pie dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca Cara Membuat Diagram Pie(Kue) di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.