Cara Membuat Numbering List Manual di Ms Word

Pembuatan daftar (list) dengan penomoran (numbering) otomatis telah disediakan oleh microsoft word. Penomoran otomatis tersebut kadang dapat menyebabkan ketidaksesuaian dengan apa yang kita inginkan yang diantaranya karena kita melakukan copy/paste terhadap daftar item tanpa kita sadari dapat mempengaruhi daftar lain yang ada di dalam dokumen. Karena merasa kesal atau ingin menghindari hal-hal "aneh" yang muncul kita kemudian memutuskan untuk membuat numbering secara manual. Untuk membuat Daftar (list) dengan numbering secara manual dapat anda lakukan sebagai berikut:
  1. Ketik nomor item dan karakter pemisahnya, misalkan "1." , "a)" atau lainnya lalu tekan tombol TAB.
  2. Bila fasilitas autonumbered lists anda aktif, maka baris tersebut akan langsung dibuat menjadi penomoran otomatis. Bila terjadi, maka langsung tekan tombol CTRL+Z untuk membatalkannya dan membuatnya menjadi teks biasa.
  3. Ketikkan teks untuk item pada daftar anda.
  4. Setelah selesai, atur Hanging indent paragraph tersebut, misalkan menjadi 0.5 cm.
  5. Tekan tombol enter
  6. Selanjutnya isikan nomor untuk item kedua, misalkan ketik b) lalu tekan tombol TAB.
  7. Isikan kembali teks item yang kedua, dan seterusnya

Gambar: Cara membuat penomoran (numbering) manual  di microsoft word

Tips Cara Merubah Format Bullet Microsoft Word

Sudah tentu pembuatan daftar dengan numbering manual bertujuan untuk menghindari adanya penomoran otomatis dari microsoft word. Oleh karena itu bila anda merubah salah satu nomor baik itu menyisipkan maupun menghapus item di awal atau tengah-tengah daftar maka anda harus menyesuaikan kembali penomoran untuk setiap item.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar