Cara Membuat Tampilan Menjadi Dua Window Atau Lebih di Ms Word

Oleh
Kemudahan dalam pengetikan dokumen merupakan salah satu kelebihan microsoft word. Kemudahan tersebut diantaranya adalah ktia bisa melihat dua buah tampilan atau lebih dari satu sebuah dokumen yang sama, misalnya kita bisa melihat bagian atas dokumen dan bagian lain dokumen (seperti bagian tengah atau bagian bawah dokumen) disaat yang bersamaan dengan menggunakan Split Window.

Saat menggunakan split window, kita membagi sebuah window yang aktif menjadi dua buah tampilan horizontal: bagian atas dan bawah. Kita bisa merubah tampilan bagian atas dan bawah berbeda dengan bagian bawah, misalkan bagian atas menampilkan halaman 4 sedangkan bagian bawah menampilkan halaman 20, atau sebaliknya. Untuk membuat sebuah window microsoft word menampilkan dua bagian yang berbeda melalui split windows anda dapat menggunakan cara berikut:

  • Pilih posisi tampilan awal dokumen yang akan dibagi menjadi dua
  • Klik tab ribbon View
  • Pada grup window klik tombol Split
  • Lalu pilih dan klik batas untuk pembagian area menjadi dua window.
  • Gambar: Cara membuat dua window dengan memanfaatkan fasilitas split window microsoft word

    Kekurangan penggunaan Split Window ini adalah area pengetikan hanya bisa dibagi menjadi dua. Lantas bagaimana bila kita ingin bisa melihat berbagai macam tampilan dokumen lebih dari dua? Jangan khawatir. Microsoft Word menyediakan fasilitas untuk itu. Gunakan saja tombol New Window untuk membuat jendela baru dimana kita bisa mengatur tampilan yang berbeda untuk dokumen yang sama. Dengan menggunakan jendela baru tersebut kita bisa melihat berbagai macam tampilan dari halaman dokumen yang berbeda. Disaat kita melakukan perubahan pada salah satu jendela, maka jendela lain untuk dokumen yang sama pun akan ikut di update sesuai dengan perubahan yang kita lakukan bahkan termasuk penyimpanan dengan nama file yang berbeda (Save As).

    Kelebihan lain dari penggunaan New Window ini kita bebas membuat jendela untuk tampilan dokumen sebanyak yang kita mau. Jadi, jangankan cuma dua, dua puluh window juga bisa kita buat! :D Nah untuk membuat sebuah jendela baru silahkan saja klik tombol New Window yang ada disebelah kiri tombol Split window (lihat gambar di atas, ditandai dengan garis putus-putus). Lantas bagaimana cara menampilkan semua window tersebut di layar? Gampang, atur jendela tersebut satu persatu secara manual atau klik tombol Arrange All yang ad disebelahnya. Beres kan?! :D

    Tips Cara Membuat Tampilan menjadi Dua Window Atau Lebih di Ms Word

    • Ketika anda membuat split windows, tombol Split akan berubah menjadi tombol Remove Split . Klik tombol Remove Split tersebut untuk menghilangkan pembagian area kerja microsoff word, atau kalau ingin cara cepat lakukan double click pada garis pembatas yang tadi telah anda buat.
    • Untuk berpindah antar jendela aplikawsi / dokumen, anda bisa menggunakan tombol ALT+TAB . Tekan tombol tersebut berulang-ulang untuk memilih jendela dokumen mana yang ingin anda tampilkan, atau bila ingin hanya berpindah di jendela microsoft word, gunakan tombol CTRL+F6 yang juga ditekan berulang kali untuk memilih jendela mana yang ingin ditampilkan.

    Terima kasih telah membaca Cara Membuat Tampilan Menjadi Dua Window Atau Lebih di Ms Word. Semoga bermanfaat.

    Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
    Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
     

     
    dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
     

     
    TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
     
    Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.