Cara Memperlebar Jarak Spasi Nomor dengan Teks pada Daftar (List)

Oleh
Ketika membuat daftar item kita biasa menggunakan numbering. Saat membuat daftar dengan menggunakan penomoran (numbering) tersebut microsoft word telah menyediakan jarak spasi tertentu (default) antara nomor dengan awal teks dari item dalam daftar. Jarak spasi antara nomor dengan awal teks tersebut digunakan untuk menjaga kerapihan ketikan dan umumnya cukup dan masih pantas digunakan. Problem mulai muncul ketika kita menggunakan format font yang lebih besar, atau pun item / baris yang ada di dalam daftar sangat terlalu banyak sehingga akan membuat "gejlok" alias adanya pergeseran teks pada item atau baris kesekian karena nomor urut yang digunakan sudah "memakan" tempat. Misalnya item pada nomor urut 1 hingga 99 tidak ada masalah dan masih terlihat rapih akan tetapi ketika kita mengetik item ke 100 maka ada pergeseran pada awal teks item karena nomor yang digunakan memerlukan 3 digit angka sehingga akan memerlukan ruang yang lebih besar. Dengan demikian awal teks pada baris 100 akan berbeda dengan baris 1-99, dan untuk menjaga kerapihannya maka sebaiknya format pada baris 1-99 sebaiknya mengikuti baris ke-100. Untuk memperlebar jarak nomor (numbering) otomatis dengan awal teks anda dapat menggunakan langkah berikut :
  1. Buat numbering untuk daftar milik anda
    • Ketik item milik anda
    • Blok semua baris yang termasuk dalam daftar item
    • Buat menjadi numbering dengan cara klik ribbon Home lalu klik tombol Numbering
  2. Blok semua item / baris yang ada dalam daftar
  3. Pada ruler klik tombol hanging indent lalu drag atau pindahkan ke arah kanan. Sesuaikan dengan keinginan anda.
  4. Jarak antara nomor dengan awal teks telah diperbesar / diperlebar.

Gambar: Cara Memperlebar/memperbesar jarak  anatara nomor (numbering) dengan teks di microsoft word

Tips Cara Memperlebar Jarak Nomor (Numbering) dengan Awal Teks Daftar Item

Biasanya lebar jarak baru diketahui tidak mencukupi jika terjadi perubahan pada banyaknya digit nomor dari numbering, misalkan dari satu digit ke dua digit ( dari 9 ke 10), dua digit ke tiga digit (dari 99 ke 100), dari tiga digit ke empat digit ( 999 ke 1000), dan seterusnya.

Untuk pengaturan jarak spasi atau inden penomoran dengan lebih detail lihat artikel cara mengatur jarak inden Daftar (List) Microsoft Word.

Terima kasih telah membaca Cara Memperlebar Jarak Spasi Nomor dengan Teks pada Daftar (List). Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.