Cara Menambah Tabel Ms Excel ke dalam Ms Word

Oleh
Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang biasa kita pakai untuk melakukan perhitungan dalam bentuk tabel. Seringkali naskah dokumen yang kita buat dengan menggunakan microsoft word harus menggunakan tabel yang berada dalam file microsoft excel. Hal ini tidak lain karena fasilitas atau proses perhitungan akan lebih mudah dilakukan di excel daripada di microsoft word. Bila data file excel belum ada, maka kita bisa menggunakan cara menyisipkan tabel ms excel ke dalam ms word. Sebaliknya, bila data atau file excel kita telah ada maka kita dapat langsung menambahkan atau memasukkan data tersebut ke dalam dokumen microsoft word kita. Setidaknya ada dua alternatif yang bisa kita lakukan untuk menambahkan tabel excel ke dalam dokumen ms word. Yang pertama adalah kita copy+paste data tabel dari ms excel sebagai tabel ms word. Alternatif kedua adalah kita copy+paste table tersebut sebagai object dalam dokumen ms word kita. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari kedua cara penambahan data tabel tersebut. Bila kita membuat tabel tersebut sebagai tabel word tentu akan menjaga ukuran file dokumen kita tetap kecil dan portable. Sedangkan bila kita menggunakannya sebagai object ms excel, maka keuntungan yang dapat kita peroleh adalah bila sewaktu-waktu ada data yang berubah maka kita bisa melakukan perubahan isi tabel dengan cepat karena didukung dengan perhitungan otomatis dari excel. Untuk melakukan penambahan tabel dari microsoft excel ke dalam dokumen microsoft word anda dapat menggunakan langkah berikut :  

Menambah tabel excel sebagai tabel MS Word

  1. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft excel anda
  2. Blok dan copy sel tabel yang akan ditambahkan ke microsoft word
  3. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft word anda
  4. Klik ribbon Home lalu tombol Paste, atau tekan tombol CTRL+V
  5. Tabel microsoft excel akan di tambahkan dalam dokumen sebagai tabel microsoft word
 

Menambah tabel excel sebagai object

  1. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft excel anda
  2. Blok dan copy sel tabel yang akan ditambahkan ke microsoft word
  3. Buka aplikasi dan file dokumen microsoft word anda
  4. Klik ribbon Home
  5. Selanjutnya klik dropdown tombol Paste lalu pilih item Paste Special
  6. Pada dialog Paste special pilih paste sebagai Excel Worksheet Object lalu klik tombol OK
  7. Tabel microsoft excel akan di tambahkan sebagai object
  8. Selanjutnya untuk mengedit tabel tersebut dapat dilakukan dengan cara double click pada tabel , atau klik kanan pada tabel kemudian pilih item Worksheet Object lalu pilih sub item Edit

Gambar: Contoh beberapa baris ketikan dalam satu sel microsoft excel

Tips Cara Menambah Tabel Ms Excel dalam file dokumen microsoft Word

  • Bila anda belum memiliki data yang tersimpan di file excel anda bisa langsung membuat object worksheet excel baru secara langsung dalam dokumen ms word.
  • Gunakan tabel microsoft word jika data tidak akan atau hanya akan mengalami sedikit perubahan. Sebaliknya, jika tabel diperkirakan masih akan mengalami perubahan maka sebaiknya menggunakan Paste sebagai object worksheet .
  • Ketika bekerja dengan object worksheet excel, anda dapat melakukan hal yang sama seperti halnya ketika bekerja secara langsung menggunakan aplikasi microsoft excel

Terima kasih telah membaca Cara Menambah Tabel Ms Excel ke dalam Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.