Cara Mengatur Folder/Direktori Kerja Dokumen Ms Word

Oleh
Microsoft word merupakan perangkat lunak pngolah kata yang sering kita gunakan untuk membuat naskah / dokumen kerja. Biasanya kita menyimpan file kita tidak di folder "My Document" (yang secara default berada di drive C: ) akan tetapi file yang kita buat justru disimpan pada drive D:, E:, atau mungkin di flashdisk. File-file tersebut biasanya kita simpan pada folder tertentu dan mungkin pada folder yang cukup dalam, seperti "D:\Data\Proyek \Surat", atau mungkin "E:\Kuliah\Semester 3\ilmu komputer\tugas", dan lain sebagainya. Secara default direktori kerja Microsoft word berada pada "Documents" atau "My Documents". Dengan demikian saat kita hendak menyimpan atau membuka file maka kita harus membuka terlebih dahulu folder tempat kita biasa menyimpan file. Untuk melakukan hal tersebut setidaknya kita harus melakukan 3-4 buah klik, tergantung pada kedalaman folder penyimpanan kita. Bila hal tersebut dilakukan setiap kali kita akan membuka atau menyimpan file tentu akan membuang waktu kita secara percuma. Akan lebih baik jika saat kita akan membuka dan menyimpan file folder yang dibuka berada langsung pada folder tempat kita menyimpan file, atau setidaknya kita tinggal memilih sebuah sub folder dengan satu buah klik lagi saja. Untuk membuat microsoft word langsung membuka folder kerja kita saat proses penyimpanan dan pembukaan file, hal yang harus kita lakukan adalah merubah opsi lokasi file microsoft word. Cara untuk merubah working folder microsoft word tersebut dapat anda gunakan langkah berikut:
  1. Klik tombol Office
  2. Lalu klik tombol Word Options
  3. Pada dialog Word Options pada panel sebelah kiri pilih item Save
  4. Selanjutnya pada panel sebelah kanan isikan kotak Default File Location dengan folder milik anda atau klik tombol Browse yang ada di sebelah kanannya untuk memilih sebuah folder
  5. Klik tombol OK untuk menyimpan dan menutup dialog

Gambar: Cara merubah gambar bullet di microsoft word

Tips Cara Merubah Direktori/Folder Kerja Dokumen Microsoft Word

  • Pengaturan lokasi file default hanya akan berlaku pada saat anda pertama kali membuka folder saat penyimpanan atau membuka file dokumen. Untuk selanjutnya folder yang akan digunakan adalah folder terakhir kali anda membuka atau menyimpan file dokumen.
  • Selain dengan mengubah lokasi file default, anda membuka langsung folder dengan menggunakan shortcut file.

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Folder/Direktori Kerja Dokumen Ms Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.