Cara Mengatur Tinggi Baris Berukuran Sama di Ms Excel

Oleh
Tinggi baris default di microsoft excel yang biasanya kita lihat memiliki ukuran 15 point atau 20 pixel. Saat kita membuat formulir untuk isian baik berupa kuisioner, daftar hadir, tanda terima, maupun yang lainnya kita perlu untuk membuat setiap baris memiliki ukuran yang lebih tinggi daripada tinggi standar yang ada. Untuk membuatnya kita bisa melakukannya dengan berbagai cara. Mulai dari cara terlambat yakni dengan mengeset tinggi setiap baris satu persatu hingga dengan cara yang tercepat dengan mengeset tinggi beberapa baris langsung sekaligus,topik kedua ini yang akan dibahas pada artikel ini.
Inti untuk membuat tinggi beberapa baris berukuran sama di microsoft excel adalah terlebih dahulu memilih dan melakukan blok terhadap baris yang akan diatur tingginya. Untuk lebih jelasnya lihat kedua cara berikut.  

Cara Mengatur Ukuran Baris melalui ribbon Home

Pilih baris yang akan diatur ketinggiannya. Anda bisa memblok beberapa baris atau blok beberapa sel Selanjutnya klik ribbon Home Klik tombol Format yang ada di grup Cells Pilih item Row Height Anda akan diminta mengisikan tinggi baris (Row Height), isikan dengan tinggi baris yang anda kehendaki dalam satuan poin, misalkan isi dengan 40 untuk menjadikan tinggi baris 40 poin Tekan tombol Enter atau klik Tombol OK Microsoft excel akan membuat baris yang telah anda pilih menjadi berukuran 40 point

Gambar: Cara Mengatur Tinggi (beberapa) Baris di Microsoft Excel

 

Mengatur Ukuran Baris dengan Cara Visual

  1. Arahkan kursor ke nomor baris hingga berubah bentuk menjadi panah hitam ke arah kanan
  2. Pilih baris yang akan diubah tingginya lalu blok baris tersebut. Untuk membuat blok beberapa baris klik tombol mouse lalu gerakkan kursor mouse ke bawah.
  3. Arahkan kembali mouse ke garis pembatas antar baris hingga membentuk panah ke atas - ke bawah
  4. Klik dan drag pembatas baris tersebut
  5. Bila tinggi baris telah sesuai dengan keinginan anda, lepaskan tombol mouse

Gambar: Cara Mengatur ukuran  Tinggi Baris secara visual di Microsoft Excel

Tips Cara Membuat Tinggi Baris Berukuran Sama di Microsoft Excel

Untuk memilih baris yang tidak berurutan anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol CTRL lalu klik nomor baris tersebut

Terima kasih telah membaca Cara Mengatur Tinggi Baris Berukuran Sama di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.