Cara Menghilangkan Duplikasi Data Secara Otomatis di Ms Excel

Oleh
Saat bekerja dengan microsoft excel kita biasa menginputkan berbagai item data. Tidak jarang kita mengisikan sebuah data berulang kali sehingga menimbulkan duplikasi data, dimana input data yang sama dilakukan lebih dari satu kali. Duplikasi data bisa menimbulkan kesalahan logik ketika melakukan perhitungan terhadap data, baik berupa jumlah data, sub total, rata-rata, standar deviasi, maupun perhitungan lainnya. Secara teoritis perhitungan yang dilakukan sudah benar, tetapi hasil yang didapat bukanlah angka atau nilai yang tepat karena adanya duplikasi data. Oleh karena itu kita harus menghapus duplikasi data yang ada agar hasil proses perhitungan atau replikasi dapat sesuai dengan yang diharapkan. Untuk menghilangkan duplikasi data secara otomatis kita bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan di Microsoft Excel melalui dialog Removes Duplicates. Kita tinggal memilih kolom kunci yang menunjukkan "kunci" perbedaan antar data. Berikut ini merupakan contoh penggunaan langkah demi langkah yang dapat anda lakukan untuk memanfaatkan fasilitas tersebut .
  1. Misalkan kita memiliki data yang terdiri dari Nama Konsumen, Jenis Reparasi dan Total Biaya.
  2. Blok sel yang akan dihilangkan duplikasi datanya
  3. Selanjutnya klik ribbon Data
  4. Pada grup Data Tools klik tombol Remove Duplicates
  5.  

    Gambar: Cara menghilangkan duplikasi data di Microsoft Excel

  6. Selanjutnya pada dialog Remove Duplicates yang muncul, pilih kolom yang menentukan sebuah baris berbeda dari baris yang lainnya. Mudahnya, berikan saja tanda check pada semua kolom. Hal ini berarti jika ada baris yang memiliki nilai pada setiap kolomnya sama dengan baris yang lain maka baris tersebut dianggap sebagai baris duplikasi. Klik tombol Select All lalu klik tombol OK.
 

Gambar: Cara format cells untuk memunculkan tampilan angka desimal 44 angka dibelakang koma di di Microsoft Excel

Tips Cara Menghilangkan Duplikasi Data Otomatis di Microsoft Excel

  • Bila data anda tidak memiliki kepala (Data Headers) maka tampilan nama kolom adalah kolom E, Kolom F dan Kolom G. Nama kolom tersebut sesuai dengan lokasi data anda.
  • Jika data anda memiliki "
  • primary key ", misalkan untuk contoh di atas adalah Nomor Faktur/invoice yang unik (tidak ada yang sama), maka proses penghilangan duplikasi bisa dilakukan hanya dengan satu buah kolom nomor invoice tersebut
  • Untuk mendapatkan nama pelanggan saja maka berikan saja tanda check pada kolom Customer

Terima kasih telah membaca Cara Menghilangkan Duplikasi Data Secara Otomatis di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.