Cara Merubah Tanda Pecahan Ribuan Dan Desimal (Koma/Titik)Ms Excel

Oleh
Tanda pecahan ribuan dan desimal atau sering disebut separator merupakan tanda yang sering digunakan sebagai pemisah angka. Untuk pemisah atau separator ribuan kita biasanya menggunakan tanda atau karakter "." (titik), misalkan pada nilai 1.001 dan 123.456.789. Sedangkan tanda untuk pemisah desimal kita biasa menggunakan karakter "," (koma), seperti pada angka 3,45 atau 0,001, oleh karena itu kita biasanya menyebut bilangan desimal dengan 2 angka di belakang koma, 3 angka di belakang koma, dst..

Microsoft Excel biasanya mengatur konfigurasi awal penggunaan tanda pemisah ribuan dan desimal tersebut mengikuti sistem operasi windows yang kita gunakan. Bila konfigurasi sistem komputer kita menggunakan tanda koma sebagai pemisah angka ribuan dan tanda titik sebagai pemisah angka desimal maka saat kita mengetik di microsoft excel juga akan menggunakan konfigurasi yang serupa. Jadi bila anda mengetik angka 1.001 maka oleh microsoft excel akan diartikan sebagai satu koma nol nol satu, bukan sebagai bilangan dengan nilai seribu satu. Untuk merubah setting separator untuk bilangan ribuan dan desimal microsoft excel tersebut kita bisa melakukannya dengan dua cara. cara pertama adalah dengan merubah konfigurasi separator pada sistem windows, atau cara kedua yaitu merubah konfigurasi separator pada Excel Options. Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas cara merubah setting tanda pecahan melalui Excel options saja.

Untuk mengatur setting tanda pecahan yang digunakan sebagai pemisah angka ribuan dan desimal di microsoft excel anda dapat melakukan langkah berikut:

  1. Tampilkan dialog Excel Options dengan cara Klik tombol Officelalu klik excel options
  2. Pada dialog tersebut pada bagian kiri pilih Advanced
  3. Selanjutnya pada bagian Editing Options yang terletak di panel sebelah kanan, hilangkan tanda check pada item Use system separators
  4. Pada kotak Decimal separator isikan dengan tanda ", " (koma, tanpa tanda petik)
  5. Pada kotak Thousands separator isikan dengan tanda ". " (titik, tanpa tanda petik)
  6. Kemudian klik tombol OK
  7. Aplikasi Microsoft Excel kini sudah menggunakan tanda koma sebagai pemisah(separator) angka desimal dan tanda titik sebagai pemisah (separator) bilangan ribuan.

Gambar: Cara mengatur tanda pemisah (Separator) desimal dan ribuan di microsoft excel

Tips Cara Merubah Tanda Pecahan Ribuan Dan Desimal Ms Excel (Koma/Titik)

Penggunaan tanda koma dan titik sebagai separator angka desimal dan ribuan pada aplikasi Microsoft Excel dengan cara di atas tidak merubah konfigurasi sistem windows sehingga separator yang digunakan dapat saja berbeda dengan yang digunakan oleh sistem windows.

Terima kasih telah membaca Cara Merubah Tanda Pecahan Ribuan Dan Desimal (Koma/Titik)Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.