Cara Melihat Rumus atau Formula di Ms Excel

Oleh
Rumus atau formula sering kita input pada sel di microsoft dengan tujuan tertentu seperti untuk perhitungan penjumlahan, rata-rata, logika, dan lain sebagainya. Bila terjadi kesalahan atau hasil perhitungan tidak sesuai dengan yang diharapkan biasanya kita mengkoreksi dengan melihat satu persatu rumus yang telah kita ketikkan.
Untuk melihat rumus atau formula di microsoft excel biasanya kita melihat pada formula bar. Kita tinggal meletakkan kursor /klik pada sel yang kita ingin lihat rumusnya lalu lihat ke formula bar. Rumus yang ada pada sel akan ditampilkan di formula bar.

Gambar: Cara melihat rumus/formula melalui  formula bar  di microsoft excel

Cara lain selain dengan melihat formula bar adalah dengan melihat rumus/formula pada sel tersebut. Caranya arahkan / klik sel yang ingin diketahui. Lalu tekan tombol F2. Rumus selain dapat terlihat pada formula bar juga dapat dilihat pada sel tersebut.

Gambar: Cara melihat rumus/formula melalui cell di microsoft excel

Cara terakhir adalah dengan menggunakan menggunakan fasilitas Show Formulas yang disediakan di microsoft excel. Dengan menggunakan fasilitas tersebut rumus yang ditampilkan tidak hanya rumus pada sel yang kita pilih, tetapi pada semua sel yang didalamnya memiliki rumus/formula. Untuk menggunakan fasilitas Show Formulas tersebut anda dapat menggunakan cara berikut :
  1. Klik ribbon Formulas
  2. Lalu klik tombol Show Formulas yang ada pada grup Formula Auditing.
  3. Semua sel yang memiliki formula akan segera ditampilkan rumus formulanya.

Gambar: Cara membuat tampilan angka negatif menjadi berwarna merah  di microsoft excel


 

Tips Cara Melihat Rumus atau Formula di Microsoft Excel

Saat anda melihat rumus dengan menggunakan fasilitas Show Formulas ukuran kolom akan menjadi lebih lebar. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Bila anda menyembunyikan kembali dengan menekan kembali tombol Show Formulas maka ukuran kolom akan kembali ke dalam bentuk ukuran semula.

Terima kasih telah membaca Cara Melihat Rumus atau Formula di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.