Cara Menghemat Batere Laptop/Notebook

Oleh
Kita sering merasa batere laptop atau notebook kita sangat cepat habis atau low-batt padahal perasaan baru saja kita charge hingga full. Wajar saja bila kita bingung kemana saja perginya daya listrik yang ada di batere kita tersebut? Menurut Microsoft sang pembuat windows, daya terbesar dari listrik yang ada dihabiskan untuk menghidupkan LCD panel alias layar laptop/notebook kita. Setelah itu konsumsi listrik digunakan untuk chipset, processor, graphic, hard disk, dan terakhir akses ke network. Tentu saja hasil tersebut merupakan hasil penelitian dari microsoft, dan bisa jadi kemudian digunakan setidaknya untuk membuat pengaturan untuk aplikasi power saving yang tersedia di windows. Dengan berbekal penelitian microsoft tentu saja untuk menghemat listrik batere laptop/notebook maka kita harus memprioritaskan pada komponen yang menggunakan daya listrik terbesar terlebih dahulu.
 

Gambar: proporsi konsumsi daya komputer menurut microsoft

  • LCD Panel
    Layar LCD dari laptop/notebook merupakan "pemakan" terbesar dari power yang ada di batere. Oleh karena itu anda dapat melakukan penghematan daya listrik terbesar dari LCD. Cara terbaik adalah dengan mengatur setting untuk Contrast dan brightness. Buat agar tingkat kecerahan tidak terlalu terang tetapi mata anda masih nyaman melihat isi layar.
  • Volume audio
    Seperti halnya mengatur LCD, atur juga volume audio agar tidak terlampau keras tapi cukup untuk didengar. Bila sedang tidak digunakan matikan saja volume audio.
  • Peralatan External
    Matikan dan lepaskan peralatan eksternal yang tidak sedang anda pakai / gunakan seperti CD/DVD ataupun perangkat lain yang terhubung ke USB/COM ( flashdisk, proyektor, printer, bahkan mouse).
  • Batasi aplikasi yang aktif
    Kurangi jumlah aplikasi yang aktif hingga seoptimal mungkin. Dengan membuka aplikasi yang banyak kinerja komputer akan menurun, anda akan lebih lama menyelesaikan pekerjaan, baterai laptop akan lebih cepat habis.
  • Visual Effect
    Kurangi visual effect atau animasi bila memang tidak perlu karena hal tersebut akan membuat processor bekerja lebih ekstra sehingga power batere akan lebih terkuras.
  • Power Saving
    Atur Konfigurasi power saving anda melalui Start Menu ==> Control Panel ==> Power Scheme / Options. Anda akan diberikan dialog untuk mengatur konfigurasi Power Saving untuk laptop/notebook anda. Misalkan dengan membuat LCD dimatikan dalam waktu 10 menit bila tidak digunakan.
  • Gunakan Software Penghemat Power Batere
    Ada banyak software yang mampu untuk melakukan penghematan batere melalui pengaturan pemakaian secara software, misal Granola dan aerofoil. Gunakanlah yang menurut anda yang terbaik.
  • Wifi dan Bluetooth
    Matikan jaringan Wifi dan bluetooth jika memang sudah tidak digunakan lagi. Biasanya kita tidak sadar akan hal tersebut.
  • Hibernate
    Jangan biarkan atau jangan matikan laptop anda seperti baisa. Hibernate laptop/notebook jika anda memperkirakan akan tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Dengan menggunakan hibernate komputer akan "mati" dan "bangun" lebih cepat dari cara biasa (shutdown/sleep – turn on) sehingga daya listrik akan lebih hemat. Bila anda menggunakan mode sleep, power dari baterai masih akan tetap digunakan.

  •  

    Tips Cara Menghemat Batere Laptop/Notebook

    • Jangan lupa untuk men-charge batere sampai benar-benar penuh dan saat batere dicharge agar laptop tidak dalam kondisi "bekerja berat".
    • Perbaiki pula performa atau kinerja laptop anda. Dengan kinerja laptop/notebook yang baik, konsumsi listrik bisa dikurangi dan di hemat.
    • Lihat juga Tips dan Cara-Cara Dasar Untuk Mempercepat Proses / Kinerja komputer

    Terima kasih telah membaca Cara Menghemat Batere Laptop/Notebook. Semoga bermanfaat.

    Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
    Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
     

     
    dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
     

     
    TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
     
    Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.