Cara Menghilangkan Mystart Incredibar.Com di Mozilla Firefox

Oleh
Beberapa hari yang lalu saya lagi asik-asik coba install beberapa program aplikasi freeware dan shareware dari internet. Karena gak mau repot saya main klik saja saat install software tersebut. Setelah beberapa kali nyoba kok ada yang aneh dengan mozilla firefox. Saat pertama kali muncul dan setiap saya membuka jendela atau tab baru tampilan awal yang keluar adalah lokasinya di mystart.incredibar.com. Padahal biasanya saya pasang google atau halaman kosong (blank). Bukannya apa-apa, meskipun katanya bukan virus tetapi kan sayang kuota internet terbuang percuma oleh malware seperti itu. Wah harus ganti dulu nih.. yang tadinya gak mau repot malah harus jadi repot banget.

Gambar: contoh tampilan (Malware) MyStart.incredibar.com

Saya coba disable dulu semua add on mozilla firefox yang ada, ternyata tidak banyak membantu. Saya coba uninstall aplikasi yang memiliki nama incredibar atau Web Assistant 2.0 melalui Remove Programs punya windows juga tidak membantu. Memang saat firefox dijalankan, tampilan pertama yang muncul bukan lagi mystart.incredibar.com, tetapi saat saya membuka tab baru (new tab) ehh.. si mystart.incredibar.com. justru muncul lagi. Hmmm keinget satu lagi.. bagaimana dengan about:config punya mozilla firefox.
Ternyata benar dugaan saya. Di about config ternyata tersembunyi “string” yang bikin saya kerepotan juga. MyStart ternyata menyimpan beberapa “string” kepunyaannya di konfigurasi mozilla firefox. Saya hapus saja semua isi yang berkaitan dengan MyStart. Berhasil. Akhirnya mozilla saya “sehat” lagi. :D Untuk teman-teman yang juga ingin menghilangkan malware mystart.incredibar.com dari mozilla firefox bisa menggunakan langkah berikut:
  1. Pastikan terlebih dahulu add ons incredibar.com tidak ada lagi di Mozilla. Caranya tekan tombol CTRL+SHIFT+A. pada tab add ons manager cari dan Remove/Disable semua Extensions yang berkaitan dengan “incredibar
  2. Buka tab/jendela mozilla firefox baru
  3. Pada kotak address bar ketik about:config, lalu tekan tombol enter
  4. Anda diberi peringatan oleh mozilla yang meminta anda untuk hati-hati. Lanjutkan saja dengan klik tombol I’ll be careful, I promise
  5. Kemudian pada kotak Search ketik MyStart. Item konfigurasi akan difilter dan menampilkan hanya yang cocok/berkaitan dengan teks tersebut
  6. Selanjutnya hapus nilai dari setiap item tersebut. Caranya : klik ganda (double click) pada salah satu item. Pada dialog pengisian nilai yang dimucnulkan, kosongkan / hapus nilai yang ada. Lalu tekan tombol OK.
  7. Mozilla firefox anda kini sudah bebas dan tidak diganggu lagi oleh mystart.incredibar.com

Gambar: contoh mengedit konfigurasi mozilla firefox melalui about:config

 

Tips Cara Menghilangkan Mystart Incredibar.Com di Mozilla Firefox

Selain mematikan add ons, pastikan juga bahwa program incredibar sudah diuninstall terlebih dahulu melalui Remove/Uninstall Program yang ada di Control Panel.
MyStart biasanya langsung terinstall pada browser terkenal lainnya seperti google Chrome, Microsoft Internet Explorer dan Opera. Untuk lebih lengkapnya lihat juga Cara Menghilangkan Toolbar Incredibar+MyStart di Chrome,Mozilla Firefox,Internet Explorer,Opera. Oya, selain incredibar ada juga aplikasi lain yang mirip cara kerjanya, misalnya qvo6. Lihat cara uninstall qvo6 di firefox dan chrome untuk menghilangkan qvo6 dari browser anda.

Terima kasih telah membaca Cara Menghilangkan Mystart Incredibar.Com di Mozilla Firefox. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.