Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Ms Excel

Oleh
Teks merupakan bagian penting dari data kita di microsoft excel. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan teks. Data yang kita miliki bisa saja berupa meupakan data mentah berupa teks yang berasal dari program atau aplikasi lain. Kemudian kita tinggal membaginya menjadi beberapa kolom sesuai dengan data yang kita inginkan. Contoh lain, seorang pegawai administrasi memiliki sederet nomor induk mahasiswa dengan kode jurusan dan program studi berada ditengah-tengah, kemudian pegawai tersebut ingin membuat daftar dari jurusan dan program studi tertentu saja, dan masih banyak lagi contoh lainnya. Semua hal tersebut dapat kita lakukan dengan cara memanipulasi teks yang ktia miliki.

Ada beberapa fungsi teks yang biasa digunakan untuk mendapatkan teks dari sebuah sel atau tulisan, yakni LEFT(), RIGHT() dan MID(). LEFT() akan mengambil teks dari kiri tulisan, RIGHT() akan mengambil dari kanan / belakang tulisan, sedangkan MID() untuk mengambil teks yang berada ditengah-tengah tulisan. Berikut format penggunaannya :
  • LEFT( text, panjang_teks_dari_kiri)
  • RIGHT( text, panjang_teks_Dari_kanan)
  • MID( text, posisi_awal_karakter, panjang_teks_dalam_karakter)

Misalkan kita memiliki sel A1 yang berisi teks "Microsoft Excel 2007".
  • =LEFT(A1, 5) akan memberikan hasil "Micro"
  • =RIGHT( A1, 4) akan memberikan hasil "2007".
  • =MID( A1, 11, 5) akan memberikan hasil "Excel"
  • =MID( A1, 1, 5) akan memberikan hasil "Micro"
  • =MID( A1, LEN(A1)-3, 4) akan memberikan hasil "2007"


Dapat dilihat bahwa fungsi MID bisa saja menggantikan fungsi LEFT() dan RIGHT(). Selain itu kita juga bisa menggunakan bantuan fungsi teks yang lain seperti LEN() yang akan memberikan hasil panjang teks atau tulisan, fungsi FIND() dan SEARCH() untuk mencari nilai posisi teks (dalam satuan karakter) yang dicari dalam sebuah tulisan.

Oke kita lanjut saja dengan contoh aplikasi pengambilan sebagian teks dari sebuah sel atau tulisan di microsoft excel.

Mencari kode jurusan dari sebuah Nomor Induk Mahasiswa (NIM)

Misalkan kita memiliki sederet NIM 10071059, 11322147, 11411436, dsb yang terletak di sel A1, A2, A3, dst dengan format kode NIM adalah AABBCDDD dimana AA adalah tahun masuk, BB adalah jurusan, C adalah Program Studi, dan DDD adalah nomor urut. Untuk mendapatkan kode jurusan dari nim tersebut adalah =MID( A1, 3, 2) sedangkan untuk mendapatkan kode Jurusan =MID( A1, 5, 1). Untuk selanjutnya anda tinggal mengkopi saja dari kedua rumus tersebut.

 Gambar: Cara mengambil kode jurusan di Microsoft Excel

Cara Mendapatkan nama depan dan nama belakang

Untuk mendapatkan nama depan dan belakang kita mengasumsikan nama lengkap hanya terdiri dari dua buah kata dan dipisahkan oleh sebuah spasi.
Misalkan nama lengkap berada di sel A2. Maka anda dapat menggunakan rumus untuk nama depan =LEFT(A2, FIND(" ",A2 & " ")), sedangkan untuk nama belakang =MID(A2,FIND(" ",A2),LEN(A2))

 Gambar: Cara mengambil nama depan dan nama belakang di Microsoft Excel

Memisahkan Tempat dan Tanggal Lahir


Tempat dan tanggal lahir biasanya ditulis menggunakan format nama tempat, tanggal lahir. Contoh nya seperti Medan, 17 Januari 1990. Nama tempat dan tanggal lahir dipisahkan dengan tanda koma. Seperti halnya cara mendapatkan nama depan dan belakang, kita harus menggunakan bantuan fungsi FIND() untuk menemukan lokasi koma. Untuk mendapatkan nama tempat lahir gunakan rumus =LEFT(A2, FIND(",",A2 & ",")-1) sedangkan untuk mendapatkan tanggal lahir gunakan rumus =TRIM(MID(A2,FIND(",",A2)+1,LEN(A2))).

 Gambar: Cara mengambil tempat dan tanggal lahir di Microsoft Excel


 

Tips Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Microsoft Excel

Microsoft excel memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan untuk manipulasi teks atau string. Anda dapat menggunakan fungsi tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Yang paling penting, untuk pengambilan sebagian teks dari teks atau tulisan adalah anda harus tahu persis apa yang hendak anda lakukan. Biasanya fungsi-fungsi seperti IF(), LEN(), TRIM(), FIND() dan SEARCH() turut dipakai ketika menggunakan fungsi-fungsi teks seperti LEFT(), RIGHT(), dan MID(). Fungsi IF() digunakan untuk memilih, LEN() akan memberikan nilai berupa panjang teks, TRIM() akan membuang semua spasi di kiri dan kanan teks, sedangkan FIND() dan SEARCH() untuk menemukan (sebagian) teks dalam teks yang lain.

Sebagai contoh, lihat penggunaan fungsi LEN() berikut :

=MID( A1, 7, LEN(A1) )

contoh rumus tersebut akan mengambil teks yang ada di sel A1 mulai dari posisi / karakter ke 7 hingga akhir teks,berapapun panjang teks tersebut. Spasi juga dianggap sebagai sebuah karakter. Gunakan fungsi TRIM() untuk menghilangkan spasi yang terletak di awal dan akhir teks.

Terima kasih telah membaca Cara Mengambil Sebagian Teks dari Sel Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.