Cara Mudah Menyembunyikan/Antisipasi Error di Ms Excel

Oleh
Proses perhitungan di Microsoft Excel merupakan kelebihan utama program aplikasi spreadsheet tersebut. Saat melakukan perhitungan tidak jarang kita mendapati error / kesalahan yang muncul dan menyebabkan terganggunya proses perhitungan yang lebih besar. Misalkan karena masih kekurangan data, maka proses jumlah total pun menjadi terganggu (lihat gambar di bawah).

 Gambar: contoh perhitungan dengan hasil error #N/A di Microsoft Excel

Pada contoh di atas misalkan terdapat masalah pada sel D4 akibat ada nilai VLOOKUP yang tidak ada. Kita bisa mengatasi masalah yang ada dengan jalan menghapus isi sel D4. Akan tetapi jika jumlah sel yang akan dijumlahkan banyak dan banyak pula error yang muncul tentu akan menjadi masalah tersendiri sebab jika sudah meng-update daftar harga barang tentu kita harus kembali copy kembali rumus untuk sel yang tadi kita hapus.

Cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah kita memanfaatkan fungsi IF() dan ISERROR() dengan format :

=IF( IERROR(rumus), 0, rumus)

Dimana rumus adalah formula yang kita lakukan untuk perhitungan sedangkan 0 adalah hasil yang diberikan jika rumus yang digunakan menghasilkan nilai Error.


Pada contoh di atas formula tersebut adalah perkalian antara jumlah barang dan harga, yakni =B4*C4. Sehingga secara lengkap formula yang digunakan seharusnya adalah =IF(ISERROR(B4*C4),0,B4*C4).

 Gambar: contoh antisipasi untuk perhitungan dengan hasil error #N/A di Microsoft Excel


 

Tips Cara Mudah Menyembunyikan/Antisipasi Error di Microsoft Excel

Cara ini berlaku untuk semua jenis error baik itu #N/A, #DIV/0, #NULL, #VALUE, #REF!, #NAME?, #NUM!, maupun #GETTING_DATA.

Terima kasih telah membaca Cara Mudah Menyembunyikan/Antisipasi Error di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.