Cara Memasukkan Tampilan Screen ke Slide Powepoint

Oleh
Presentasi tidak semata-mata hanya menampilkan data dalam bentuk grafik atau chart. Presentasi juga terkadang butuh menampilkan hasil eksekusi program atau aplikasi yang sedang tampak pada screen/layar. Tujuan utama dari penayangan slide berisi gambar tampilan screen bertujuan membuktikan bahwa hasil eksekusi atau tampilan aplikasi tampak seperti apa adanya. Tanpa ada unsur manipulasi hasil.
Untuk memasukkan tampilan screen/monitor ke dalam slide presentasi kita bisa memanfaatkan aplikasi "penangkap gambar" yang bisa kita download secara gratis di internet. Tetapi jika hanya berupa tampilan umum atau sederhana, kita bisa memanfaatkan tombol Print Screen yang ada di keyboard. Selengkapnya dapat dilihat pada contoh menambahkan gambar hasil "tangkapan" layar (screen capture) dalam slide powerpoint berikut ini.

  1. Pertama-tama siapkan tampilan layar yang akan dimasukkan dalam slide. Atur semua window yang tampil, baik ukuran, posisi maupun urutan atau letak window-window tersebut.
  2. Tekan tombol Print Screen atau PrtSc (tergantung pada keyboard yang anda gunakan) untuk menangkap seluruh tampilan layar monitor/screen. Bila anda hanya ingin mengambil gambar pada jendela/window yang aktif maka gunakan tombol ALT+Print Screen atau ALT+PrtSc.
  3. Selanjutnya aktifkan aplikasi Microsoft Powerpoint
  4. Buat slide baru atau pilih slide dimana gambar akan disisipkan
  5. Lalu klik tombol Paste atau tekan shortcut CTRL+V.
  6. Selanjutnya gambar akan ditambahkan pada slide yang aktif. Atur posisi gambar tersebut dan bila perlu crop / potong bagian yang tidak dibutuhkan. Cara untuk crop / memotong gambar:

    • Klik ribbon Format
    • Lalu klik tombol Crop yang ada di grup Size.
    • Kemudian atur pemotongan gambar agar sesuai dengan kehendak anda
  7.    Gambar:  Cara memasukkan gambar tampilan screen ke dalam slide presentasi powerpoint dan melakukan proses cropping
     
  8. Setelah crop gambar jangan lupa memberikan judul slide dan mengatur tampilan menjadi sebaik mungkin, misalkan dengan memberikan efek bayangan :)
  9.  
     Gambar:  Contoh hasil screen capture yang ditampilkan dalam slide powerpoint
 

Tips Cara Memasukkan Tampilan Layar ke Slide Microsoft Powepoint

  • Untuk menangkap tampilan layar pada aplikasi yang sedang menjalankan animasi anda membutuhkan program bantu khusus untuk penangkapan gambar.
  • Semakin banyak gambar yang anda muat dalam slide presentasi maka ukuran file presentasi akan semakin besar.

Terima kasih telah membaca Cara Memasukkan Tampilan Screen ke Slide Powepoint. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.