Cara Memilih Judul Skripsi/Thesis atau Tema Penelitian

Oleh
Bila kita kuliah baik itu Diploma maupun Sarjana (S1) atau master (S2) pada akhirnya kita diharuskan membuat karya tulis ilmiah sebagai Tugas Akhir (Final Assignment) berupa skripsi maupun thesis yang didasarkan atas penelitian kita terhadap sesuatu. Langkah pertama yang harus kita lakukan biasanya adalah memilih dan menentukan topik penelitian apa yang akan kita angkat untuk diteliti. Penentuan topik atau tema yang kemudian mengkerucut menjadi judul penelitian sepertinya hal yang mudah dilakukan tetapi pada kenyataannya susah untuk diterapkan. Bila anda saat ini sedang bingung, jangan rendah diri. Karena semua teman-teman anda dan termasuk mahasiswa tingkat akhir lainnya juga sedang bingung atau setidaknya pernah merasakan hal yang sama dengan yang anda rasakan saat ini. Berikut ini merupakan 5 hal yang bisa dijadikan masukan bagi teman-teman dalam menentukan judul skripsi atau teseis apa yang kira-kira akan diambil.

 Gambar: ilustrasi ijazah dan wisuda

Ketahui "Standar" Skripsi atau thesis pada Perguruan tinggi Anda

Untuk memulai melakukan penelitian anda harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira standar seperti apa yang diinginkan oleh perguruan tinggi atau universitas tempat anda menimba ilmu. Untuk lebih gampangnya, datangi perpustakaan kampus lalu lihat judul atau topik skripsi dan thesis yang ada. Ambil kesimpulan dari survei atau observasi anda.

Persempit Bidang Penelitian

Persempit area cakupan ilmu yang akan anda angkat menjadi penelitian. Hal ini akan mempermudah menentukan topik atau judul penelitian. Pilihlah bidang yang benar-benar anda kuasai ilmunya.

Ketersediaan Data Penelitian

Pertimbangkan kemudahan anda dalam mendapatkan data penelitian baik berupa data primer maupun sekunder. Meskipun topik atau tema yang anda pilih sudah sangat bagus dan memenuhi persyaratan tetapi jika nantinya anda akan mengalami kesulitan dalam pengumpulan data maka sebaiknya batalkan saja topik penelitian tersebut dan ganti dengan yang lain.

Pertimbangkan "Hot topic"

Hot topic atau tema yang sedang trend biasanya akan memenuhi persyaratan dari kampus dan biasanya akan disetujui oleh (calon) pembimbing anda. Jangan ragu untuk menanyakan pada dosen mengenai topik atau tema yang sedang hangat dibicarakan dikalangan dunia pendidikan khususnya yang berkaitan dengan ilmu yang anda pelajari.

Perkirakan Waktu Penelitian yang dibutuhkan

Jika sebuah topik dianggap layak, perkirakan juga waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan peneltian tersebut. Idealisme bagus. Tetapi umumnya orang akan memandang bahwa teman-teman anda lebih bagus karena mereka lulus satu atau dua tahun lebih awal daripada anda dengan nilai sidang skripsi/thesis yang sama dengan anda. :D


 

Tips Cara Memilih Judul Skripsi/Thesis atau Tema Penelitian

  • Ketika membuat karya ilmiah baik itu skripsi ataupun thesis, mengembangkan dan menemukan sesuatu yang baru tentu akan lebih dihargai daripada Cuma sekedar meniru atau apalagi menjiplak (plagiat).
  • Jadilah diri anda sendiri dengan membuat skripsi atau thesis dari penelitian yang seideal mungkin menurut anda, karena ketika anda masuk di masyarakat dalam dunia nyata, hal-hal yang ideal tidak sepenuhnya lagi bisa anda lakukan.
  • Pikirkanlah rencana anda dengan baik lalu lakukan apa yang menurut anda semestinya harus dilaksanakan. Jangan terlalu terpaku pada sebuah rencana saja. Mulailah bekerja dan jangan mudah putus asa!

Terima kasih telah membaca Cara Memilih Judul Skripsi/Thesis atau Tema Penelitian. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.